Petugas BPBD Kabupaten Tasik salurkan bantuan | Ist
Informasi

Gempa; 1.568 Bangunan di Kabupaten Tasik Rusak, Terbanyak di Manonjaya

initasik.com, informasi | Sebanyak 1.568 bangunan di Kabupaten Tasikmalaya mengalami kerusakan saat terjadi gempa pada Jumat, 15 Desember 2017. Kerusakan paling banyak terjadi di Kecamatan Manonjaya sebanyak 467 rumah.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat, melaporkan, berdasarkan rekapitulasi kerusakan rumah dan fasilitas umum sampai Senin, 18 Desember 2017 pukul 13.00 WIB, ribuan bangunan rusak itu tersebar di 85 desa, 31 kecamatan.

Sebanyak 1.139 rumah kondisnya rusak ringan, 193 rusak sedang, dan 236 rusak berat. Sedangkan fasilitas umum yang mengalami kerusakan mencapai 52 unit, terbanyak di Kecamatan Cigalontang.

Dede menyebutkan, untuk sementara pihak Pemkab Tasikmalaya, melalui koordinasi BPBD. “Bentuk bantuannya disesuaikan kondisi persediaan logistik yang ada di BPBD, antara lain mi instan, air mineral, alat makan, lauk pauk, tikar, selimut, kebutuhan dasar, paket kebutuhan dasar seperti beras dan lain-lain. Sementara begitu,” tuturnya kepada initasik.com, Selasa, 19 Desember 2017.

Sebelumnya, Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan, pihaknya akan memprioritaskan merenovasi gedung pemerintah dulu. “Yang paling utama kami akan bereskan dulu kantor pemerintahan, seperti setda dan DPRD, karena kelihatannya kurang bagus. Itu merupakan tampilan muka. Jangan terlihat compang-camping,” tuturnya, kemarin.

Terkait bantuan renovasi rumah-rumah warga, bupati mengatakan, “Kami juga berharap pihak swasta dan masyarakat bisa memberikan bantuan, karena dana kami terbatas, sementara korban bencana banyak. Bantuan dari masyarakat itu sebaiknya dikoordinir di satu pintu supaya distribusi bantuannya merata.” [Jay/Dan]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?