Peristiwa

Gempa, Kantor Bupati Tasik dan Puluhan Rumah Rusak

initasik.com, peristiwa | Gempa 7,3 SR yang berpusat di 43 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jumat, 15 Desember 2017 sekitar pukul 23:49, menyebabkan kantor bupati Tasikmalaya, Bojongkoneng, Singaparna, rusak. Beberapa plafon berjatuhan.

Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, mengatakan, kerusakan di kompleks perkantoran tersebut kondisinya tidak parah. Rusak ringan. “Ada juga beberapa kaca yang pecah,” sebutnya, Sabtu, 16 Desember 2017.

Terpisah, Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat, menyebutkan, laporan sementara sampai Sabtu, pukul sepuluh pagi, kerusakan terjadi di 12 kecamatan, seperti Kecamatan Cigalontang 7 rumah, Manonjaya 55 rumah, Taraju 2 rumah dan aula kecamatan, Bojonggambir kerusakan kantor polsek, Sukarame 3 rumah, Sisayong 1 rumah, dan Kecamatan Parungponteng 6 rumah.

“Tidak ada rusak berat. Semuanya rusak ringan dan sedang. Juga tidak ada korban jiwa. Sampai sekarang kami masih melakukan pendataan,” ujarnya.

Kerusakan juga terjadi di beberapa titik di Kota Tasikmalaya. Berdasarkan informasi dari Pusdalop BPBD Kota Tasikmalaya disebutkan, sampai pukul 03:45 WIB, ada 20 titik kerusakan.

Beberapa di antaranya adalah di SMKN 3 Tasikmalaya, Kelurahan Mulyasari, Kelurahan Sumelap, RSUD dr. Soekardjo, Kelurahan Ciakar, Kelurahan Ciherang, Perum Tamansari Permai, MA Al Hikmah Jatiwangi Kelurahan Sumelap dan lain-lain. [Jay]

Foto-foto: Kominfo Kabupaten Tasikmalaya