Wien Muldian | Jay/initasik.com
Edukasi

Gerakan Literasi Bukan Melulu Membaca Buku

initasik.com, edukasi | Gerakan literasi yang sejak beberapa tahun ini didengungkan, sejatinya bukan hanya membaca buku. Pelaksana Harian Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemdikbud, Wien Muldian, menyebutnya, membaca dan menulis adalah pintu masuk.

Perlu langkah selanjutnya untuk bisa merasakan manfaat positif yang ada di dalamnya. Tidak cukup hanya dengan berdiri di pintu masuk. “Gerakan literasi itu pada prinsipnya adalah bagaimana kita mengolah dan memanfaatkan pengetahuan yang didapat dari membaca, menonton, dan sebagainya untuk kehidupan yang lebih baik,” ujarnya saat sesi istirahat dalam kegiatan Fasilitasi Guru Terampil dalam Memanfaatkan TIK, di aula SMKN 2 Tasikmalaya, Rabu, 9 Agustus 2017.

Menurutnya, yang lebih penting dari gerakan literasi adalah pengetahuan itu memberi manfaat positif bagi hidup dan kehidupan. Gerakan literasi yang menyejahterakan. Dengan membaca, orang jadi tahu harus bagaimana dan paham apa yang dikerjakannya.

“Hakikat pendidikan itu meningkatkan pengetahuan, membangun kompetensi, dan menumbuhkan budi pekerti yang baik. Di era literasi abad 21, gerakan ini harus bisa membuat masyarakat yang berpikir kritis, kreatif, memecahkan masalah, serta berkolaborasi dan saling berbagi ilmu pengetahuan. Setiap orang adalah pembelajar sepanjang hayat,” tuturnya.

Menurutnya, Pemerintah Pusat, melalui Kemdikbud, terus mengampanyekan gerakan literasi. Ada tiga ranah yang mendapat perhatian serius, yaitu gerakan literasi sekolah yang sudah berjalan selama tiga tahun, gerakan literasi masyarakat yang sudah berkembang di 34 provinsi, dan gerakan literasi keluarga.

“Tiga ranah itu masuk dalam Gerakan Literasi Nasional yang akan diluncurkan oleh Presiden Jokowi pada September mendatang. Pemerintah pusat sudah mempunyai konsep gerakan literasi yang komprehensif, tinggal bagaimana pemerintah daerah dan elemen terkait menyukseskannya,” tandas Wien. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?