Salah seorang haji menangis setelah turun dari bus | Jay/initasik.com
Informasi

Hajah Asal Kota Tasikmalaya Tutup Usia dalam Pesawat dari Jedah Menuju Indonesia

initasik.com, informasi | Di tengah kegembiraan sanak saudara menyambut kedatangan jamaah haji asal Kota Tasikmalaya pulang dari Mekah, ada kabar duka yang disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tasikmalaya, Yudhi Yusupyandi.

Saat menunggu kedatangan jamaah di Gedung Dakwah Kota Tasikmalaya, Jumat, 8 September 2017, ia menyebutkan, empat dari 404 jamaah haji yang tergabung dalam Kloter 3 telah meninggal dunia.

Tiga orang meninggal dunia di tanah suci, satu orang lagi tutup usia di dalam pesawat dalam perjalanan dari Jeddah ke Indonesia. “Namanya Nunung Nurjanah. Beliau meninggal dunia di malam hari, sekitar pukul sepuluh waktu setempat. Titik lokasinya di mana, harus konfirmasi lagi ke ketua rombongan. Saya menerima informasinya tadi Subuh,” ujarnya.

Menurutnya, saat akan naik pesawat, Nunung, warga Bantargedang, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari, itu sudah diinfus. Kondisi kesehatannya menurun. Selama dalam perjalanan tim medis telah memberikan perawatan maksimal. Namun, takdir berkata lain. Ia menghembuskan napas terakhirnya dalam pesawat.

“Usianya 75 tahun. Sebelum berangkat ke Mekah pun sudah sakit-sakitan. Saat pulangnya juga begitu. Kita sudah memberi perawatan maksimal. Takdirnya, beliau meninggal dunia dalam pesawat. Kita langsung siapkan evakuasi dari bandara ke sini (Kota Tasik), pakai ambulans khusus,” paparnya.

Jenazah tiba di rumah duka sekitar pukul tiga sore. Setelah disalatkan, ia langsung dikebumikan di kampung halamannya. Sedangkan jamaah yang meninggal dunia di Mekah dikubur di sana. Adapun tiga calon haji dari Kloter 3 yang tutup usia di Mekah adalah Imas Yuhana, Hasan Lukman, dan Maemunah. Sepengetahuannya, informasi terakhir total ada enam jamaah haji asal Kota Tasikmalaya yang meninggal dunia saat melaksanakan Rukun Islam kelima itu.

“Mudah-mudahan tidak ada lagi jamaah haji yang meninggal dunia. Kita berdoa, mereka menjadi haji mabrur dan berkumpul lagi dengan keluarga tercintanya,” harap Yudhi. [Jay]