Etalase

Harga Batu Akik Menukik; Dulu Rp 5 Juta, Sekarang?

Kota Tasik | Pamor batu akik sedang menukik. Harga jualnya tak lagi melangit. Terjun bebas. Drastis. Satu batu akik yang dulu harganya menembus jutaan bahkan ratusan juta rupiah, sekarang mah boro-boro. Para penjual pun banyak melamun, ketimbang melayani pembeli.

Kiki Nunggelis, 47 tahun, misalnya. Warga Pangandaran itu kerjaannya hanya menggosok batu. Kaki kanannya diangkat ke kursi, dipakai menopang dagunya. Sementara istrinya tidur di samping etalase beralasakan karpet. Tak ada satupun calon pembeli yang merapat ke stan pamerannya di “Tasik Gemstone Expo III-2015” di halaman bekas kantor Setda Kabupaten Tasikmalaya, Jl. Mayor Utarya, Kota Tasikmalaya.

“Sejak bulan puasa kemarin sudah mulai menurun. Tidak seramai dulu. Harganya juga sekarang mah sulit tembus. Jangankan yang jutaan, ratusan ribu juga susah. Sekarang ekonomi sedang sulit,” ujarnya kepada initasik.com, Minggu, 27 September 2015. Ia mencontohkan, batu pancawarna yang dulu tembus Rp 3 juta sampai Rp 5 juta, sekarang ditawarin Rp 500 ribu juga susah. Paling laku Rp 350 ribu. Itupun susah.

Kiki merasakan, pasaran batu akik sedang terpuruk. Ramainya hanya sesaat. Seumur jagung. “Hari ini saja, sampai sore ini saya baru dapat uang Rp 50 ribu. Beda jauh dengan pameran yang dulu. Sehari bisa dapat Rp 5 juta. Sekarang mah ripuh,” ungkapnya.

Nasib Duden pun sama. Peserta pamaren asal Garut itu mengaku omzetnya terjun bebas. Dulu, dalam sehari bisa mengantongi Rp 15 juta, sekarang dapat Rp 100 ribu saja sudah lumayan. “Namanya juga usaha. Kita mah wajibnya berusaha. Hasilnya wewenang Alloh,” ujarnya jembar. Menurutnya, omzet sebesar itu tidak akan mencukupi biaya operasional. Besar pasak daripada tiang. Untuk sewa stan saja Rp 2 juta lebih, belum keperluan sehari-hari.

Pantauan di tempat pameran, suasananya memang sepi. Pengunjung bisa dihitung jari. Banyak stan yang tak bertuan. “Yang tercatat di panitia semuanya ada 50 peserta, tapi yang isi baru setengahnya. Mereka masih di pameran di kota lain,” sebut Edi Darmadi, panitia “Tasik Gemstone Expo III-2015”. initasik.com|shan

Komentari

komentar