Ekbis

Hary Tanoe Sarankan Pemkab Tasikmalaya Ekspor Beras Langsung

initasik.com, ekbis | Hary Tanoesoedibjo menyarankan kepada Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, agar mengekspor besar secara langsung, tidak melalui perantara. Jika melalui banyak pihak, hasilnya bakal kurang maksimal.

“Saya mendengar jika hasil pertanian Kabupaten Tasikmalaya dari padi dan beras itu sudah sangat besar, bahkan surplusnya bisa mencapai 300 ribu ton pertahun. Itu hasil yang sangat luar biasa,” puji Hary saat berkunjung ke Pendopo Lama Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 14 Juni 2017.

Pengusaha yang berhasil membesarkan MNC Group itu menegaskan, hasil yang luar biasa tersebut harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga kesejahteraan petani bisa meningkat dengan lebih baik. “Saya pun tentu siap untuk memfasilitasi. Banyak pengusaha dan kenalan saya di luar negeri yang bisa membantu dalam upaya ekspor sekalipun,” tandasnya.

Persoalan masih belum maksimalnya upaya memasarkan produk dan hasil pertanian di Kabupaten Tasikmalaya dikatakan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Mohammad Zen.

Ia menyampaikan kesulitannya dalam mengekspor beras organik ke luar negeri. Seperti tahun ini ekspor ke Jerman tersendat, begitupun ekspor ke Amerika. Padahal petani saat ini memiliki 8.500 hektar lahan sawah organik sejak digalakan pembentukan lahan sawah organik, mulai 2003 silam.

“Sejak tahun 2008 kami telah mengekspor beras ke Eropa, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lainnya, bahkan ke Singapura, dan Malaysia, namun memang seringkali tersendat-sendat. Padahal, pasokan dan petani sudah siap untuk secara kontinyu melakukan ekspor beras organik,” tuturnya.

Ia berharap, para pengusaha bisa memfasilitasi dengan lebih mudah, memproteksi jalur ekspor, dan mencari celah ekspor ke negara lainnya. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?