Ilustrasi | Dok. initasik.com
Peristiwa

Hektaran Sawah di Kabupaten Tasik Gagal Panen

initasik.com, peristiwa | Sekitar sembilan hektar sawah di Kecamatan Rajapolah dan Jamanis, Kabupaten Tasikmalaya, dipastikan gagal panen. Penyebabnya, pasokan air ke sawah sangat kurang, bahkan tidak ada.

Kepala Bidang Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Tasikmalaya, Hetty Heryati, mengatakan, pihaknya sudah sering melakukan sosialisasi kepada para petani agar bisa mengatur pola tanam sesuai dengan musim dan perkiraannya. “Tapi mereka keukeuh ingin menanam padi, padahal, kalau ditanami palawija mungkin tidak akan gagal panen,” ujarnya, Rabu, 15 Agustus 2018.

Selama ini, dinas baru bisa berupaya mengatasi kekeringan dengan menyalurkan bantuan berupa pompa air yanh didapatkan dari bantuan Pemerintah Provinsi. Itupun hanya bisa efektif kepada sawah-sawah yang mengalami kekeringan dengan status ringan dan sedang saja.

“Kita terus berupaya untuk mencari sumber-sumber air baru agar bisa terus mengairi media tanam warga. Di samping itu, warga juga mesti bisa menjadwal jenis tanaman sesuai dengan musimnya, terutama yang masih jauh dengan sumber air agar tidak terjadi hal yang sama,” tandasnya. [Eri]