Informasi

Hewan-hewan Kurban Belum Diperiksa

initasik.com, informasi | Tiga pekan jelang Idul Adha, para penjual hewan kurban di Kota Tasikmalaya mulai banyak. Namun, hewan-hewan kurban itu kesehatannya belum terjamin. Dinas terkait belum melakukan pemeriksaan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya, Zulyaden, mengatakan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan hewan kurban pekan depan.

Menurutnya, ada dua pemeriksaan yang akan dilakukan kelak, yakni pemeriksaan antemortem dan posmortem. “Kalau antemortem itu pemeriksaan yang dilakukan sebelum hewan disembelih. Untuk memastikan bahwa hewan tersebut tidak terjangkit penyakit. Kalau posmortem, dilakukan setelah disembelih,” tutur Zulyaden, Rabu, 1 Agustus 2018.

Ia menambahkan, untuk pemeriksaan antemortem, dilakukan pekan depan lantaran saat ini pihaknya masih menginventarisir jumlah hewan ternak untuk keperluan kurban di Kota Tasikmalaya.

Ada tim khusus yang sudah siap dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan. Pihaknya akan terus memantau perkembangan kondisi kesehatan hewan kurban. Untuk memberikan ciri hewan kurban yang lulus pemeriksaan kesehatan, nanti akan diberikan tanda berupa kalung khusus di setiap leher sapi. “Kalau hewan kurban yang saat diperiksa ternyata sakit, akan kita pisahkan dan tidak boleh dijual,” tandasnya. [Eri]