Etalase

Hilman Book’s Centre; Bertahan Selama Sebelas Tahun Tawarkan Buku Bekas

initasik.com, etalase | Hilman Book’s Centre, toko buku bekas di dekat Pasar Pancasila, Kota Tasikmalaya, sudah ada sejak sebelas tahun lalu. Meskipun bekas, buku tetaplah buku. Ada segudang ilmu di dalamnya.

“Informasi di dalamnya tidak ada yang berubah. Hanya saja cover buku tampak kusam. Isinya masih layak baca,” tutur Hilman Nasir, pemilik lapak, saat ditemui initasik.com, Sabtu, 24 Maret 2018.

Ia mengaku, buku-buku bekas di tempatnya didapatkan dari orang-orang yang sengaja datang untuk menjualnya. “Harga yang saya terima, kadang Rp 3 ribu sampai Rp 7 ribu. Tergantung jenis dan ketebalan buku. Tapi kadang ada juga yang ikhlas menyumbangkan buku bekasnya ke sini,” paparnya.

Ditanya soal peminat, Hilman menyebutkan sampai saat ini masih banyak orang yang lebih memilih buku bekas ketimbang buku baru. Itu lantaran harganya jauh lebih murah. Namun, tidak semua judul buku yang dibutuhkan ada di tempatnya.

“Kalau majalah Mangle, novel, dan buku cerpen, itu ada di sini. Tapi tidak semua buku lengkap. Misalnya buku sejarah. Tidak semua judul sejarah kami punya,” jelasnya.

Selain untuk bahan bacaan, banyak konsumen yang segaja membeli buku bekas untuk berbagai kepentingan lain. “Misalnya bahan kliping tugas sekolah. Mereka sengaja memilih buku bekas agar tidak sayang kalau digunting,” tambahnya.

Soal omzet, Hilman mengaku tak menentu. “Saya ngga terlalu mementingkan omzet yang besar, yang penting ngeureuyeuh. Selalu saja ada laba yang cukup tiap bulan. Kalau omzetnya kecil, mungkin sejak dulu saya sudah meninggalkan usaha ini,” tandasnya. [Eri]