Peristiwa

Identitas Kota Jangan Hanya Bagus

Kota Tasik | Pemkot Tasikmalaya saat ini sedang mempercantik beberapa fasilitas umum dan identitas kota, seperti tugu perjuangan KH. Zainal Musthafa, Linggajaya, Mangkubumi. Selain memasang air mancur, di tugu tersebut juga ditanami bunga-bunga agar menambah indah.

Kabid Pertamanan dan Pemakaman Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan Kota Tasikmalaya, Heni, mengatakan, pihaknya mempercantik fasilitas umum itu untuk memanjakan mata masyarakat, dan menarik wisatawan lokal.

Disinggung soal tugu yang sering dipakai tempat menancapkan tiang bendera partai politik dan ormas lainnya, Heni menegaskan, pihaknya tidak akan mengizinkan tugu tersebut dan fasilitas umum lainnya dipasangi bendera.

“Kami akan koordinasi dengan Satpol pp, dan mengimbau para ketua DPC parpol manapun untuk tidak memasang bendera di area taman, karena jelas ada aturannya,” ujar Heni, Rabu, 31 Desember 2014.

Terpisah, peneliti Soekapoera Institute, Muhajir Salam, menyarankan agar sebelum membangun simbol-simbol dan identitas kota, pemkot melakukan kajian dan perencanaan yang matang. “Sebab, bisa saja dibuat simbol, tapi tidak relevan. Juga harus berintegrasi, karena selain pencitraan lewat budaya, bisa jadi ada tujuan ekonomi melalui parawisata dan edukasi budaya,” tuturnya.

Menurutnya, pemkot harus melakukanya secara total. Jangan parsial. Kajiannya harus mendalam, bukan sekadar untuk menghabiskan anggaran. “Pemkot jangan segan-segan untuk merangkul para budayawan, seniman, dan para sesepuh untuk membicarakan itu,” tandasnya. initasik.com|zm/ashani

Komentari

komentar