Ketua KPAID Kabupaten Tasik bersama Puspa
Informasi

Identitas “Orangtua” Dimas dan Puspa Mulai Terungkap

initasik.com, informasi | Teka-teki siapa “orangtua” Dimas Raditya Gumilang dan Puspa Laksmi Dewi, dua anak yang sengaja ditingggalkan di Masjid Nurul Ikhlas, Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu, 16 Oktober 2017, lalu, mulai terungkap.

initasik.com berhasil menghubungi ketua RT di bekas perumahan tempat “orangtua” Dimas dan Puspa mengontrak rumah atas bantuan akun Ciput Bandana yang berkomentar di halaman Facebook initasik.com.

Bukan saja diketahui nama ibunya yang selama ini menjadi misteri, foto mereka berdua juga didapatkan. Sosok Reza dalam foto tersebut sama dengan yang digambarkan Dimas dan Puspa saat ditanya psikolog, beberapa waktu lalu. Dijelaskan, tampilan fisik pria yang selama ini biasa dipanggil uwa itu tinggi dan botak.

Yuyud Jibenk, ketua RT 05 RW 15, Perum Griya Indah Serpong, Gunung Sindur, Bogor, menyebutkan, sosok “ibu” yang selama ini bersama Dimas dan Puspa namanya Yani. Mereka sempat mengontrak rumah di perumahan tersebut selama tiga tahun.

Namun, sejak empat atau lima bulan ke belakang, mereka harus angkat kaki dari sana, karena tidak bisa memerlihatkan identitas diri, seperti akta nikah dan kartu keluarga. “Setelah saya jadi RT, kita lakukan pendataan ulang warga di sini. Mereka (“orangtua” Dimas dan Puspa) tidak bisa menunjukkan data yang akurat,” tutur Yuyud saat dihubungi initasik.com via telepon, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Lantaran tidak bisa memerlihatkan identitas diri yang sah, atas kesepakatan warga mereka disuruh meninggalkan perumahan. “Kita tidak mau mengambil risiko di kemudian hari, sehingga sepakat untuk menyuruh mereka pergi dari sini. Keluar dari sininya sekitar empat lima bulananan,” ujarnya.

Ia tidak bisa memastikan apakah Yani dan Reza itu suami istri atau bukan. Namun, Yani berasal dari Bandung. Di perumahan tersebut ia serabutan jadi tukang cuci dan setrika pakaian punya tetangga. Sedangkan Reza pekerjaannya sebagai sopir.

“Mereka itu orangnya tertutup. Dekatnya cuma sama yang rumahnya dibantu untuk beres-beres saja. Sepertinya, Yani itu istri kedua Reza,” duga Yuyud.

Terpisah, Dimas dan Puspa membenarkan kalau kedua orang yang berada di foto itu merupakan Uwa Reza dan Mamah Dimas. Mereka menyebutnya Mamah Dimas. Ketika ditanya apakah wanita itu bernama Yani, mereka geleng kepala. [Jay]