Sosial Politik

IKA SMAN 2 Tasikmalaya Sebar Seribu Paket Sembako

initasik.com, sosial | Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMAN 2 Tasikmalaya membagikan seribu paket sembako ke berbagai daerah. Diberikan pula bantuan berupa uang ketupat, pakaian, dan selimut ke panti asuhan.

Untuk penyerahan sembako dilakukan secara bertahap. Masyarakat yang berada di lingkungan sekolah menerimanya paling awal. Selanjutnya, di daerah Indihiang, Cieunteung, Leuwidahu, Tawang, Lengkong Sari, panti asuhan Artanita, panti asuhan Harapan Kita, panti jompo Welas Asih, dan rekan alumni yang kurang beruntung.

Aam Rahmat Slamet, ketua Panitia HUT ke-50 dan reuni akbar SMAN 2 Tasikmalaya, menerangkan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan reuni emas. Sebelumnya ada penanaman pohon, pembangunan masjid.

“Untuk warga di sekitar sekolah sebanyak 491 sembako. Ini juga untuk membantu teman-teman kita yang memang tidak beruntung, ada juga buat ke masyarakat. Dan ini bukti kita nyaah ka babaturan, nyaah ka sakolah, nyaah ka lembur,” kata Aam.

Ia menyebutkan, sembako yang disebar merupakan kebutuhan dasar memasuki Idul Fitri, sehingga dapat membantu masyarakat untuk pemenuhan konsumsi rumah tangga. Terlebih, saat ini daya beli masyarakat menurun karena berkaitan dengan lonjakan kenaikan harga sembako di pasaran.

“Minimal mereka yang tidak mampu ketika lebaran tidak usah membeli beras, minyak, dan pakaian. Bisa safety uang untuk belanja sembako dan uang tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari yang lain,” ujarnya.

Sebetulnya, lanjut dia, kegiatan seperti itu sudah rutin dilakukan oleh setiap alumni angkatan, dengan waktu dan tempat berbeda-beda. Kalau sekarang, dikoordinir oleh satu panitia. Semua bantuan dari berbagai alumni disatukan.

“Semua angkatan menyumbang. Intinya, ini untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap sesama, kita kan nyaah ka lembur, nyaah ka sakola, nyaah ka babaturan. Ini yang menjadi prinsip kita,” tandasnya. [Syaepul]