Peristiwa

Ikhtiar Pemkab Tasik Bangun Minat Baca Masyarakat

initasik.com, peristiwa | Minat baca masyarakat Indonesia disebut-sebut rendah. Untuk itu, Pemkab Tasikmalaya terus berikhtiar meningkatkan minat baca masyarakat, karena hal itu segaris dengan pembangunan kualitas sumber daya manusia.

Dua dari beragam upaya itu adalah pengukuhan bunda literasi dan peresmian kotak literasi cerdas, di Pendopo Baru, Senin, 8 Juli 2019. “Ini sebagai upaya yang dilakukan agar budaya baca masyarakat bisa terbangun melalui kehadiran sosok ibu atau bunda literasi di kecamatan sebagai teladan,” ujar Bunda Literasi Kabupaten Tasikmalaya, Ai Diantani Sugianto.

Menurutnya, pengukuhan tersebut merupakan upaya dalam mendukung terciptanya minat baca di Kabupaten Tasikmalaya. Gerakan membaca dan budaya literasi ini harus digaungkan di seluruh lapisan masyarakat. Membaca dapat membentuk karakter generasi muda yang lebih baik.

“Saat ini anak-anak memang lebih senang bermain HP. Maka dari itu, diharapkan hadirnya kotak literasi dan bunda literasi ini bisa meminimalkan hal tersebut dan beralih kepada gemar membaca,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, mengatakan, sejauh ini minat baca masyarakat masih rendah. Diharapkan, dengan hadirnya bunda literasi dan kotak literasi cerdas ini bisa mendorong minat baca masyarakat. “Dari membaca kita bisa mendapatkan ilmu terutama membaca buku,” kata dia.

Ia menegaskan, untuk menanamkan budaya baca harus dimulai dari keluarga. Dengan begitu, anak-anak bisa terbiasa membaca dan menularkannya saat berada di luar rumah, sehingga minat baca bisa meningkat. (tia/initasik.com)