Edukasi

Ikuti UNBK, SMPN 5 Kota Tasik Pinjam Laptop Orangtua Siswa


initasik.com, edukasi | Kurangnya sarana laptop di SMPN 5 Kota Tasikmalaya tak membuat pihak sekolah mundur mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tak punya laptop, pinjam ke orangtua siswapun jadi.

Kepala SMPN 5 Kota Tasikmalaya, Eem Sulaeman, menyebutkan, pihaknya terpaksa meminjam 93 unit laptop milik orangtua siswa. Menurutnya, saat ini sekolah hanya memiliki 33 unit komputer. Untuk bisa mengcover 377 siswa yang akan mengikuti UNBK, setidaknya diperlukan 126 unit. Untuk itu, ia berinisiatif pinjam laptop.

“Saya ucapkan terima kasih  atas pengertian para orangtua yang memberikan pinjaman laptop. Saya juga tidak menyangka akan selancar ini. Dari target yang kami butuhkan 126 unit untuk UNBK, kami mendapatkan pinjaman laptop sebanyak 115, ditambah 33 unit komputer yang kami miliki. Selebihnya kami simpan sebagai cadangan apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” tuturnya saat ditemui di sekolah, Senin 23 April 2018.

Menurut Eem, kekurangan sarana dan prasarana itu sudah dialaminya setiap tahun. Ia berharap, pemerintah bisa secepatnya memberikan bantuan fasilitas untuk proses UNBK agar bisa lebih optimal.

“Minimalnya setiap tahun ada penambahan unit 20 sampai 50 unit, sehingga saat pelaksanaan UNBK, kalau kekurang unit pun tak terlalu banyak meminjam, karena kami sudah cukup stres memikirkan dari mana kita bisa mendapatkan unit komputer UNBK. Jalan terakhirnya kami meminjam,” tuturnya.

UNBK di SMPN 5 Kota Tasikmalaya di hari pertama tidak berjalan mulus. Saat UNBK akan dimulai, server dari pusat tidak stabil. Para siswa tidak bisa log in. Jadwal pun molor hingga 40 menit.

“Ini terjadi di sekolah lain juga. Bukan hanya di SMP 5, SMP 1 dan SMP 6 juga sama. Awalnya kaget, saya kira server sekolah yang mengalami masalah, tapi saat buka website dan whatsapp, ada pemberitahuan dari pusat bahwa server sedang mengalami gangguan,” jelasnya.

Kendati molor dari jadwal, para siswa tetap mendapatkan hak waktu sesuai dengan jam yang telah ditetapkan. [Eri]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?