Informasi

Ingatkan ASN Netral dalam Pilgub Jabar; Ade Sugianto: Saya Bukan Plt Bupati

initasik.com, informasi | Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, mengingatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk netral dalam pilgub Jawa Barat, namun tetap berpartisipasi dalam menyukseskan hajat politik lima tahunan itu.

Saat memimpin apel Hari Kesadaran Nasional di halaman Setda Kabupaten Tasikmalaya, Senin, 19 Februari 2018, ia mengatakan, sudah seharusnya pilgub Jabar disukseskan, mengingat anggarannya sangat besar sampai Rp 1,2 triliun, belum termasuk biaya yang dikeluarkan para calon.

“Pilkada Jabar adalah hajat kita bersama. Mari sukseskan. Ajak keluarga dan tetangga untuk datang ke TPS, nanti. Tapi ingat, jangan ikut berkampanye dengan mengarahakan atau mengajak yang lain untuk memilih salah satu pasangan calon. Saya tegaskan, ASN netral kepada semua para calon. Kita harus netral senetral-netralnya,” tandas Ade.

Menurutnya, ASN di Kabupaten Tasikmalaya dapat membantu tugas Komisi Pemilihan Umum dalam menyosialisasikan pelaksanaan pilkada agar dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. “Sosialisasi pilkada diperlukan untuk mendongkrak tingkat partisipasi masyarakat, sehingga masyarakat yang tidak memilih,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ade menyampaikan soal lain. “Saya bukan Plt atau Pjs. Saya wakil bupati yang oleh Undang-Undang diwajibkan untuk melaksanakan tugas dan wewenang bupati pada saat bupati berhalangan tugas,” jelasnya.

Dijelaskan, bupati Tasikmalaya saat ini sedang menjalani cuti. Berdasarkan Pasal 65 ayat (4) UU 9/2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah ditegaskan, dalam hal kepala daerah sedang berhalangan sementara, wakil kepala daerah melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah. Dalam Pasal 66 ayat (1) Huruf C disebutkan pula, wakil kepala daerah mempunyai tugas melaksanakan tugas dan wewenang kepala daerah apabila kepala daerah sedang berhalangan sementara. [Jay]