Kesehatan

Ini Cara Efektif yang Bisa Dicoba Agar Berhenti Merokok!


initasik.com, kesehatan | Setiap perokok tahu bahwa merokok akan membawa dampak buruk untuk kesehatan seperti impoten, stroke, dan penyakit jantung. Namun berhenti merokok bukan hal mudah untuk dilakukan. Terutama bagi yang sudah kecanduan.

Jika Anda memiliki niat untuk berhenti merokok, beberapa metode ini bisa dikombinasikan agar kebiasan merokok benar-benar bisa dihentikan.

1.Buat Target Waktu Untuk Berhenti Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok memang perlu waktu. Jika Anda benar-benar niat untuk berhenti merokok, buat target waktu Anda ingin benar-benar berhenti merokok. Sertakan pula alasan-alasannya. Misal untuk menghemat uang atau kepentingan kesehatan.

2.Tetap Konsisten

Ketika berhenti merokok, Anda mungkin akan merasa gelisah, sakit kepala, atau sangat bosan di awal-awal. Namun tetaplah konsisten. Jangan sampai tergoda untuk merokok kembali.

3.Mengganti Rokok dengan Permen Karet

Mengatasi kecanduan rokok bisa disiasati dengan mendapatkan tablet hisap ataupun permen karet. Mengunyah permen karet setelah makan lebih baik daripada merokok. Selain menjadi langkah untuk menyukseskan kebiasaan berhenti merokok, nafas Anda juga akan terasa lebih segar.

4.Melakukan Hipnosis

Hipnosis merupakan proses untuk memfokuskan pikiran dalam keadaan rileks dan mengubah perilaku seseorang. Anda bisa mencoba mencari terapis berlisensi untuk mencoba metode ini.

5.Metode Relaksasi

Berhenti merokok memungkinkan Anda merasa stress. Tetapi hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan metode relaksasi seperti pijat, yoga, ataupun menghela nafas panjang.

6.Berpuasa

Orang yang sedang berpuasa tidak hanya dilarang makan dan minum, tetapi juga merokok. Berpuasa juga bisa menjadi metode untuk belajar mengontrol diri untuk tidak merokok.[kl]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentari

Komentari