Teknologi

Ini Dia Jam Tangan Pintar Pertama di Dunia untuk Tunanetra

initasik.com, teknologi | Di dunia ada lebih dari 285 juta penyandang tunanetra. Adalah Dot, pengembang yang berasal dari Korea Selatan memproduksi braille smartwatch atau jam tangan pintar braille pertama yang dilengkapi dengan fitur canggih.

Dilansir dari website dotincorp.com, Dot berbentuk bulat berdesain minimalis serta dilengkapi 4 sel braille aktif dinamis dan 12 titik kecil yang bergerak menunjukkan perubahan waktu. Dot bisa dihubungkan ke smartphone melalui Bluetooth dan bisa menerima teks dari berbagai aplikasi. Pengguna juga bisa mengirim pesan sederhana dengan menggunakan tombol yang ada pada sisinya.

Sejauh ini memang telah banyak perangkat digital yang diperuntukkan bagi tunanetra. Namun sebagian besar menggunakan suara. Hal tersebut memunculkan masalah karena pengguna harus memakai headphone. Jika tidak informasi mereka akan terdengar oleh orang sekitar. Perangkat digital untuk kalangan tunanetra yang sudah eksis lebih dulu di pasaran juga terbilang mahal.

Dot smartwatch sudah dikembangkan selama 3 tahun dan perusahaan tersebut akan memproduksi sebanyak 140.000 unit jam tangan. Mereka berencana untuk mengirimkan 100.000 unit pada tahun 2017 dan sisanya tahun depan. Sebanyak 1000 unit akan dijual di London dengan harga 320 USD atau sekitar Rp. 4,2 juta.[kl]

foto: mashable.com