Ekbis

Jadi Anggota Tiga Koperasi, Dede Sudrajat Sering Pinjam Uang


initasik.com, ekbis | Wakil Wali Kota Tasikmalaya, Dede Sudrajat, mengaku sering meminjam uang ke koperasi. Malah ia terdaftar sebagai anggota di tiga koperasi. “Ketika saya tidak punya uang, pinjam ke koperasi. Selesai,” ujarnya usai mengikuti peringatan Hari Koperasi di Lapang Dadaha, Ahad, 16 Juli 2017.

Menurutnya, keberadaan koperasi sangat membantu para anggota, terutama ketika saat butuh uang. “Saya sering pinjam uang ke koperasi. Silakan tanya ajudan. Saya juga pernah menolong orang lain, uangnya pinjam dari koperasi. Kalau pinjam ke perusahaan susah, ada mekanismenya. Bagi saya, koperasi sangat membantu,” tuturnya.

Namun, ia mengingatkan masyarakat agar jangan pernah meminjam uang rentenir. Pinjamnya ke koperasi yang sehat. Koperasi yang rutin melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). Koperasi yang berupaya keras menyejahterakan para anggotanya.

Menurutnya, salah satu upaya pemkot dalam melawan rentenir adalah memodali Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) untuk membangun koperasi. Tiap LPM di seluruh Kota Tasikmalaya diberi anggaran Rp 150 juta.

“Kita dorong semua LPM untuk membangun koperasi. Dari APBD kita gelontorkan Rp 10 miliar lebih untuk koperasi LPM. Tapi itu tidak cukup. Yakin tidak cukup, karena kemampuan APBD kita terbatas,” ujar Dede.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, Tantan Rustandi, menyebutkan, dari sekitar 605 koperasi di kota ini, yang terbilang sehat hanya 25 persen dan setiap tahun melaksanakan RAT.

“Selebihnya sedang kita klarifikasi ke arah pembubaran. Saat ini pendekatan kita bukan jumlah, tapi kualitas. Biar jumlahnya sedikit, tapi berkualitas dan anggotanya banyak,” tandasnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?