Gaya

Jaket Kesayangan Belel? Diwantek Saja! Sssttt…. Ada Wantex Rider

Kota Tasik | Tidak banyak anak muda yang melirik usaha mewantek jaket, celana, atau baju. Umumnya mereka memilih bidang kuliner, buka distro, kios pulsa, bisnis online, atau usaha lainnya yang sedang ngetren.

Dari yang sedikit itu, Derih Restu salah satunya. Lajang berusia 23 tahun itu sudah lima tahun merintis usaha mewantek, orang Sunda bilang nyelep, pakaian di Gang Tunggal Rasa, Jl. Tentara Pelajar, Kota Tasikmalaya. Ia mahir menyulap jaket lusuh menjadi tampak segar lagi.

Selain jaket, celana, kaos, dan kemeja pun bisa diwantek, kecuali yang berbahan parasit. Kalau sedang marema, dalam sehari ia bisa mewantek sampai 20 potong pakaian. Tapi jika lagi sepi paling hanya dua atau tiga celana. Berapa tarifnya? Untuk jaket, ia mematok jasa Rp 15.000, sedangkan kaos atau kemeja Rp 10.000. Khusus jaket, bila bahannya tebal, ada penyesuaian harga. Praktis, dalam sebulan ia dapat omzet Rp 2,5 juta sampai Rp 3,5 juta.

Untuk meningkatkan pelayanan sekaligus pendapatan, Derih punya Wantex Rider. Semacam delivery order. Ia akan mengambil dan mengatarkan lagi pakaian yang akan dan sudah diwantek. Ongkos ambil-antarnya cukup terjangkau. Untuk sekitaran Kota Tasik berkisar Rp 5.000 sampai Rp 8.000. Tergantung jarak. Untuk daerah Singaparna atau Ciamis dipatok antara Rp 10.000 samppai Rp 20.000,” sebutnya kepada initasik.com, Jumat, 15 Januari 2016.

Terkait lama pengerjaannya, Derih biasa menyelesaikan dalam tiga atau empat hari. Itupun kalau cuaca sedang panas. Bila mendung beresnya bisa sampai enam hari. “Kalau mendung pasti susah kering,” pungkasnya. initasik.com|wrd

Komentari

komentar