Ika Dahlika | Jay/initasik.com
Informasi

Jalan Ciawi-Singaparna Ditargetkan Tembus Akhir 2017


initasik.com, informasi | Jalan Ciawi-Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, ditargetkan bisa tembus akhir tahun ini. Sudah lebih dari sepuluh tahun, jalan sepanjang 23,59 kilometer itu belum terhubung juga.

Sekretaris Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Ika Dahlika, menyebutkan, sampai saat ini pembuatan jalan tersebut sudah menghabiskan anggaran hampir Rp 200 miliar. Masih dibutuhkan puluhan miliar rupiah untuk menuntaskannya.

“Tahun ini ditargetkan bisa nyambung, tapi jalannya belum bagus tentunya. Belum diaspal. Untuk bisa tuntas sampai jalannya bagus, masih perlu anggaran Rp 96 miliar,” ujarnya dalam gelar karya perencanaan pembangunan infrastruktur kota dan Kabupaten Tasikmalaya, di Pendopo Lama, Selasa, 7 November 2017.

Anggaran sebesar Rp 96 miliar di antaranya untuk pembangunan dan pembentukan badan jalan. Jika sudah rampung, jalan yang lebih familiar dengan sebutan Cisinga itu akan menjadi jalur utama warga Ciawi dan sekitarnya untuk menuju Singaparna atau sebaliknya.

“Selama ini kalau dari Ciawi mau ke Singaparna harus lewat Kota Tasikmalaya. Jarak tempuhnya hampir 45 kilometer. Lewat Cisinga, kalau nanti sudah beres, hanya 23 kilometer,” imbuh Ika.

Selain jalan Cisinga, Pemkab Tasikmalaya punya beberapa rencana pembangunan jalan baru, seperti Jl. Tinewati-Cintaraja. Jalan yang dibangun untuk mengurai kemacetan di pusat Singaparna itu membutuhkan anggaran Rp 18 miliar. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?