Peristiwa

Jalan di Kampung Cigaladah Cineam Putus, Warga Buat Lintasan Alternatif

initasik.com, peristiwa | Jalan di Kampung Cigalagah, Desa Cikondang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, terputus lantaran tebing di pinggirnya longsor. Musibah itu terjadi pada Selasa, 19 Desember 2017.

Enong, warga sekitar, menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar Asar, setelah turun hujan besar dengan waktu yang cukup lama. “Ngaguruh sapertos guludug. Aya nu ngaburicak di palih tonggoh teh. Pas ditingali ku warga, jalan potong. Anu ngaberebet buburicakan teh singhoreng tihang listrik, kabelna pegat,” terang perempuan berusia 70 tahun itu.

Akibat kejadian itu, kebun karet milik warga Kampung Sukahurip, Desa Cikondang, Ahidin(50), juga rusak parah. Sekitar 40 meter perkebunan yang berada tepat di bawah tepian jalan itu terturupi tanah longsor.

Tos lima taun ngurus kebon ieu teh. Ayeuna kieu. Bapak ge ngadangu ti rai. Ditelepon. Ditingali teh muhun we katutupan. Ngajenghok. Reuwas,” ucap Ahidin kepada initasik.com, Kamis, 21 Desember 2017.

Lantaran keberadaan jalan itu sangat vital, warga sekitar gotong royong membangun lintasan alternatif yang dibuat dari tepian tebing tanah. Namun, itupun tak sebaik yang diharapkan. Warga kesulitan mengaksesnya lantaran konstruksinya dari tanah. Sepeda motor banyak yang selip. Ada yang sempat terjatuh saat melalui jalan itu.

Yana Suryana, misalnya. Saat akan menuju Kampung Cigalagah untuk mengantarkan kerupuk, ia terjatuh ketika melalui jalan tersebut. Ban depan motornya selip, masuk ke dalam permukaan tanah. Jatuh. Spion kiri pecah, dan sebagian badan motornya belah. [Dan]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?