Etalase

Jangkrik, Bos; Konon Telurnya Bisa Diminum Untuk Stamina Lelaki

 

Kota Tasik | Dedi Ogeg, 40 tahun, warga Pasanggrahan, Kelurahan Sirnagalih, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya, sudah sebelas tahun menekuni usaha ternak jangkrik. Setelah di-PHK saat kerja di Jakarta, ia pulang kampung. Cari-cari usaha lain. Akhirnya memilih ternak jangkrik.

Semua dimulai dari titik nol. Ia sama sekali tidak paham bagaimana berternak jangkrik. Untuk mengatasinya, Dedi belajar ke Bandung. Latihan selama sebulan. Setelah paham, dimulailah budi daya serangga yang punya bunyi khas itu.

Tak perlu waktu lama baginya untuk akrab dengan jangkrik. Lebih kurang sebulan. Alat-alat yang diperlukan terbilang mudah. Triplek dan bambu untuk membuat peti yang akan digunakan sebagai kandang jangkrik, plus daun pisang kering. Simpan telur jangkrik di sana.

Dalam satu peti biasanya disimpan dua ons telur jangkrik. Tunggu sampai 35 hari. Siap-siap panen. Bila cuaca sedang bagus, tidak terlalu dingin, dari satu peti berisi dua ons telur itu bisa jadi 20 kg jangkrik.

“Sekarang harga jangkrik sedang bagus. Satu kilogram harganya Rp 45 ribu sampai Rp 50 ribu,” sebut Dedi. Menurut dia, itu harga jual ke bandar. Oleh bandar dijual lagi sekitar Rp 60 ribu per kg. Pemasarannya sampai ke Bandung dan Jakarta.

Kini, ia sudah punya 40 peti jangkrik. Tiap hari dirawatnya. Beri pakan layer dan rumput seperlunya. Berapa omzetnya? Dedi menyebut tak pasti. Tergantung cuaca. Satu-satunya musuh budi daya jangkrik yang tidak bisa diatasi adalah cuaca dingin. Itu menyebabkan kematian. Bila sudah begitu, jangan harap dapat untung banyak. Balik modal pun sudah untung.

“Kalau sedang bagus (tidak ada kematian), dari 15 kandang saja bisa panen 2 kuintal jangkrik. Tapi kalau sedang cuaca jelek, dari satu peti paling panen 3 kg. Rugi kita. Habis modal,” tuturnya.

Ayah dua anak itu menjelaskan, harga jual jangkrik yang termasuk normal kisaran Rp 35 ribu per kg. Namun, bila sedang banjir jangkrik, harganya turun drastis. Cuma Rp 15 ribu per kg. Banyak jangkrik yang masuk dari daerah lain, seperti Cirebon dan Jawa Tengah.

Selain sebagai pakan utama burung, Dedi menyebutkan, jangkrik, terutama telurnya, punya khasiat bagus untuk kesehatan manusia. Katanya baik untuk stamina pria. Telur jangkrik dicampur dengan dengan kopi, lalu minum.

“Saya sudah mencobanya. Ada khasiatnya memang. Suka ada yang datang ke sini untuk membeli telur jangkrik,” sebutnya seraya menambahkan telur jangkrik sebanyak empat sendok makan ia jual Rp 50 ribu.

Empat sendok itu paling banyak untuk tiga kali minum. Langsung diseduh dengan kopi. Penasaran? initasik.com|shan

 

 

Komentari

komentar