Sosial Politik

Janji Uu di Periode Kedua

Kabupaten Tasik | Uu Ruzhanul Ulum – Ade Sugianto nyaris dipastikan bakal menjabat bupati dan wakil bupati Tasikmalaya lagi. Dalam pilkada yang digelar Rabu, 9 Desember 2015, kemarin, pasangan petahana itu memperoleh suara setuju lebih banyak dibanding tidak setuju; 67,40 persen : 32,60 persen.

“Agenda pertama saya adalah evaluasi diri. Selama kepemimpinan saya apa yang dianggap kurang pas dalam kebijakan, dalam tingkah laku, dan dalam membuat keputusan akan kami review,” ujar Uu saat diwawancara wartawan di rumah pribadinya di kompleks Ponpes Miftahul Huda, Manonjaya, Kamis, 10 Desember 2015.

Selain infrastruktur, kesehatan, dan kemiskinan, pendidikan bakal menjadi fokus utamanya selama menjabat bupati di periode dua nanti. “Masalah pendidikan menjadi prioritas, karena dengan meningkatnya pendidikan akan ada efek domino. Dengan sendirinya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan akan meningkat, begitu juga ekonomi,” dalihnya.

Menurutnya, pendidikan merupakan investasi jangka panjang. Manfaatnya tidak bisa langsung dirasakan. Beda halnya dengan membangun pasar atau terminal yang setelah diresmikan bisa mendatangkan pendapatan. “Pendidikan tidak seperti itu. Hasilnya akan dirasakan puluhan tahun kemudian. Tapi kalau tidak dimulai, mau kapan lagi?” tanyanya.

Untuk itu, pihaknya akan membuka pintu-pintu pendidikan formal dan pesantren bagi semua warga, dan membangun sarana-prasarana pendidikan di tempat terpencil. “Ya, itu janji saya. Pendidikan, pendidikan, dan pendidikan,” tandasnya.

Selain itu, ia pun akan memprioritaskan pembangunan di lima kecamatan, yaitu Singaparna, Karangnunggal, Cikatomas, Ciawi, dan Manonjaya. Kelima kecamatan tersebut harus menjadi penyangga ibu kota kabupaten.

“Kami akan menyiapkan infrastruktur dasar sebuah perkotaan, seperti rumah sakit atau puskesmas yang lengkap, sport center, masjid besar, dan pertokoan, termasuk pelayanan pemerintahan. Kami akan mendelagasikan wewenang bupati kepada para camat, dalam pelayanan dasar,” tuturnya. initasik.com|shan

Komentari

komentar