Peristiwa

Jaringan Tua Penyebab Lampu Stopan Sering Ngadat

Kota Tasik | Seorang pengemudi mobil tampak bingung saat berada di depan lampu stopan di Jl. Pataruman, perempatan rumah sakit. Ia serba salah. Maju atau diam. Kalau maju takut kena tilang polisi yang berjaga di sana. Tapi kalau diam terus, lampunya sama sekali tidak menyala. Traffic light ngadat.

Akhirnya nekat. Maju perlahan, menunggu giliran, berbagi jalan dengan pengendara yang datang dari arah Dadaha. Polisi pun sigap mengatur laju kendaraan dari arah selatan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Tasikmalaya, Ahmad Suparman, menyebutkan, beberapa lampu stopan memang sedang bermasalah. Salah satu penyebabnya adalah jaringan kabel bawah tanah yang sudah tua, sehingga mudah menyebabkan arus pendek.

“Yang di perempatan rumah sakit itu baru kita perbaiki hari Jumat. Tapi hari Senin sudah mati lagi. Itu memang traffic lama. Masih pakai lampu pijar. Kalau yang lain sudah pakai lampu led. Lampu pijar cepat rusak,” ujarnya, Selasa, 6 Oktober 2015.

Solusinya, Ahmad berencana meremajakan lampu-lampu stopan yang sudah berumur itu, seperti yang dilakukan di lampu stopan Rancabango. “Tapi kalau kondisinya masih baik, kita pertahankan. Anggarannya juga kan terbatas,” imbuhnya.

Selain yang di perempatan rumah sakit, traffic light lain yang juga bermasalah adalah di Jl. Siliwangi (Gunung Roay), Benda (Cicurug), dan Bantar. Penyakitnya beda-beda. Ada yang hanya menyala satu tiang, ada yang sama sekali tidak menyala. Ada juga yang warna merah dan hijaunya menyala bersamaan. Malah, yang di perempatan rumah sakit, semua warna sempat menyala semua. initasik.com|shan

Komentari

komentar