Historia Informasi

Jokowi Serukan Untuk Membumikan Pancasila Pancasila

initasik.com, informasi- Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal Pancasila pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.
Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI. Sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari “Lahirnya Pancasila” (1/6/2022).

Dilansir dari channel resmi Skretariat Presiden, Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo memberikan sambutannya dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Ende Nusa Tenggara Timur (NTT). Dalam pidatonya Jokowi menyerukan masyarakat agar bersama-sama membumikan Pancasila.

“Bapak ibu hadirin yang saya hormati, dari Kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di manapun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Jokowi saat menyampaikan amanat dalam upacara itu, Rabu (1/6/2022).

Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, lanjutnya, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa bangsa dan negara kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila.