Sosial Politik

Jua Sabar Menanti Janji Renovasi Rumah

initasik.com, sosial | Jua sudah puluhan tahun tinggal di rumah yang tidak layak huni. Warga Kampung Cijeruk, Desa Lengkongjaya, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, ini mengaku belum pernah dapat bantuan dari pemerintah. Ia sabar menanti realisasi janji dari orang-orang yang akan membantu merenovasi rumahnya.

Kondisi rumah Jua tampak memprihatinkan. Bagian belakangnya hampir hancur. Posisinya miring. Atapnya juga sudah rapuh. Rumah tersebut merupakan harta satu-satunya yang bisa ia bangun dengan jeri payah bersama suaminya yang kini telah meninggal dunia.

Lantaran sudah berumur, rumah panggungnya ini sudah tak sekuat dahulu. Dominan kayu. Lapuk dimakan waktu. Alih-alih bisa merenovasi, untuk makanpun susah. Apalagi anak pertamanya yang biasa mengurus Jua sudah meninggal dunia. Sedangkan dua anak lagi di luar daerah.

Sejak anak pertamanya itu meninggal, ia sering seorang diri di rumah. Ia mengaku tak mau menyusahkan dua anaknya yang sedang berusaha mengubah jalan hidup. Saat ditanya soal kepedulian pemerintah, seperti bantuan rutilahu, Jua geleng kepala. [Eri]