Inspirasi

Jual Maskawin Rintis Bisnis Sidat

Kabupaten | Agus Sujana, warga Kp. Sindangraja 02/01, Desa Jatihurip, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, sejak 2007 mulai beternak sidat. Berawal dari beli bibit 1 kg, sampai beli puluhan kg. Usahanya berkembang. Namun, saat itu� ia hanya bekerja di orang. Buruh ternak. Tempatnya pun di Jakarta.

Lantaran rindu tanah kelahiran, Agus balik kampung. Sejak 2010 ia mulai merintis bisnis ikan yang mirip ular tersebut. Tekadnya bulat. Ia ingin punya usaha sendiri. Untuk memulainya, ia pinjam maskawin punya istrinya. Emas seberat 5 gram dijualnya untuk modal usaha. Ilmu dan pengalamannya dalam beternak sidat ia bagikan kepada masyarakat di pesisir pantai Cipatujah sampai Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya.

Dari merekalah Agus membeli sidat tangkapan alam. “Saya mengajari mereka bagaimana menangkap sidat yang ramah lingkungan,” ujar suami dari Siti Sayidah Sofiah dan ayah satu anak itu, Minggu, 21 Desember 2014.

Rintisan usahanya memperlihatkan perkembangan. Saat memulai, ia hanya membeli 1 kg sidat. Seiring berjalan waktu, kini rata-rata ia bisa mengirimkan sidat sampai 100 kg tiap bulan untuk memenuhi permintaan pasar lokal, seperti Bekasi, Surabaya, Karawang, Pelabuhan Ratu, dan luar pulau Jawa.

Menurutnya, itu masih kecil. Ia punya mimpi besar. “Saya ingin memenuhi permintaan pasar ekspor sidat yang dikembangbiakkan di Tasikmalaya. Kalau ada orang yang punya uang banyak tapi ingung mau diinvestasikan dalam bidang apa, saya sarankan beternak sidat. Peluang ekspornya bagus. Pasarnya jelas. Sidat kualitas ekspor saya sudah paham,” tandas Agus.

Ia menjelaskan, tahun 2007 harga sidat hanya Rp 25 ribu per kg. Sekarang sudah menyentuh angka Rp 150 ribu hingga Rp 550 ribu per kg. Bahkan, anakan sidat yang disebut glass eel harganya mencapai Rp 5 juta.

Disinggung soal khasiat sidat, pendiri sekaligus penanggung jawab Sidat Power Indonesia itu menjawab, “Omega 3-nya tinggi. Bisa membantu perkembangan otak, memperlancar peredaran darah ke jantung, memperkuat daya tahan tubuh, dan meningkatkan stamina pria.” initasik.com|sep

 

Komentari

komentar