Sosok

Jurus Sukses Yayan Sopyan Bangun Jaringan Bisnis Panti Pijat

initasik.com, sosok | Bagaimana bisa usaha panti pijat tumbuh menggurita, sehingga punya cabang di mana-mana? Yayan Sopyan tahu jawabannya. Warga Kampung Sukamulya, Desa Kamulyan, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya, itu telah membuktikannya.

Awalnya ia hanya pekerja. Bekerja di barber shop. Di Jakarta. Tujuh belas tahun silam. Tahun 2000. Usai mencukur pelanggan, Yayan selalu memberikan layanan pijat di area kepala. Gratis. Bagian dari servis.

Di luar dugaan, para pelanggan justru merasa nyaman dengan dipijat. Ketagihan. Banyak yang datang ke tempatnya karena ingin dipijat. Terbalik. Dicukur hanya alasan. Sebenarnya mereka ingin dipijat. Sampai antre.

Melihat respons seperti itu, naluri bisnis Yayan tumbuh. Ia nekat keluar kerja. Merintis usaha pijat. Masih di Jakarta. Namanya Tosyma Pijat Sehat. Perlahan namun pasti, usahanya berkembang. Tumbuh menggurita. “Berkat kerja cerdas dan doa orangtua,” ujar pria kelahiran 2 Februari 1971 itu, saat berbincang dengan initasik.com, dalam satu kesempatan.

Selain pijat tradisional, Tosyma Pijat Sehat menawarkan layanan lain, seperti pijat refleksi, totok wajah, shiatsu, pijat keseleo dan sebagainya. Pelanggan adalah raja yang harus disenangkan. Dibuat nyaman. Kepuasan dinomorsatukan. Begitulah cara Yayan merawat dan mengembangkan usahanya.

Kini, Tosyma Pijat Sehat bukan hanya di Jakarta. Tidak cuma di satu tempat. Ia membuka cabang di mana-mana. Selain di Jabodetabek, juga membuka cabang di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Bahkan, suami Siti Masitoh dan ayah tiga anak itu sedang menggeluti usaha lain. Ia membidik budidaya ikan dan membuka perkebunan cabai. Hasrat usahanya tidak bisa dibendung. Sukses di satu bidang, garap bidang lain.

Begitu juga dengan hobinya. Sejak kecil ia sudah menyukai moge alias motor gede bermerek Harley Davidson. Kesuksesan usahanya memudahkan Yayan untuk menyalurkan kesenangannya yang sudah terpendam saat ia masih anak-anak itu. Kini, ia aktif di Harley Davidson Club Indonesia (HDCI). van

Komentari

komentar