Birokrasi

Kabupaten Tasik Diganjar “Treasury Award” Kemenkeu

initasik.com, birokrasi | Kabupaten Tasikmalaya mendapat penghargaan Treasury Award dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan itu diberikan setelah Kabupaten Tasikmalaya dinyatakan sebagai pemerintah daerah terbaik ketiga dalam kategori pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik 2017.

Penghargaan Treasury Award itu diberikan sebagai bentuk apresiasi atas baiknya pengelolaan anggaran. Untuk tingkat pemerintah daereah, kota/kabupaten, ada empat kategori penghargaan yang diberikan, yaitu Implementasi Sistem Informasi Kredit, Kelengkapan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah, Penyaluran Dana Desa, dan Pengelolaan DAK.

Kabupaten Tasikmalaya dapat penghargaan untuk kategori Pengelolaan DAK Fisik 2017, peringkat ketiga setelah Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Cianjur. Penghargaan itu diperlihatkan Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, dalam rangkaian upacara Hari Kebangkitan Nasional, di halaman Setda, Singaparna, Senin, 21 Mei 2018.

Dalam upacara itu, Ade membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, yang di antaranya membahas tentang bonus demografi yang menyuguhkan potensi keuntungan bagi bangsa, karena proporsi penduduk usia produktif lebih tinggi dibanding penduduk usia nonproduktif.

Menurut perkiraan Badan Pusat Statistik, rentang masa itu akan berpuncak pada tahun 2028 sampai 2031. “Usia produktif akan tinggal menjadi catatan tentang usia daripada catatan tentang produktifitas, jika mutu sumber daya manusia produktif pada tahun-tahun puncak bonus demografi tersebut tidak dapat mengungkit mesin pertumbuhan ekonomi,” tuturnya.

Untuk itu, sesuai arahan  Presiden Joko Widodo, dunia pendidikan didorong untuk bekerja sama dengan industri dan bisnis dalam mencari terobosan-terobosan baru dalam pendidikan vokasi dengan membentuk  jurusan-jurusan baru yang berkaitan dengan keahlian dan ilmu terapan yang diciptakan untuk memasok industri akan tenaga terampil yang siap kerja. ***

Komentari

komentar