Dok. initasik.com
Birokrasi

Kabupaten Tasik Siap Hadapi Era Globalisasi


initasik.com, birokrasi | Kabupaten Tasikmalaya menyatakan kesiapannya dalam menghadapi era globalisasi dan pasar terbuka. Hal itu dijabarkan dalam lima “Siap” yang diyakini bisa menjawab setiap tantangan dan kebutuhan zaman.

Pertama, siap mengimplementasikan standar pelayanan maksimal, meliputi bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penetaan ruang, perumahan rakyat dan kawasan pemukiman, ketentraman, ketertiban umum, perlindungan masyarakat serta sosial.

Dua, siap mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keterampilan serta daya saing tinggi dalam persaingan global. Arah pembangunan manusia ditujukan pada pengembangan kualitas, meliputi aspek kepribadian dan sikap mental, penguasaan ilmu dan teknologi, profesionalisme dan kompetensi. Semuanya dijiwai nilai-nilai religius Islami.

Tiga, siap berdaya saing dalam bidang agribisnis, pariwisata, UMKM dan ekonomi kreatif. Pertanian merupakan sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap perekonomian Kabupate Tasikmalaya. Oleh karena itu perlu ditindaklanjuti oleh modernisasi dan industri pengolahan hasil pertanian.

Empat, siap memanfaatkan teknologi informasi, sehingga dapat mendorong tercapainya efisiensi, konsistensi, kecepatan, dan ketepatan dalam proses kinerja pemerintahan dan transparan dalam pelayanan kepada masyarakat.

Lima, siap menjamin kemudahan investasi dengan menciptakan iklim yang kondusif, perizinan yang mudah, cepat, dan transparan. “Serangkaian strategi, upaya, program, dan perencanaan telah dirancang untuk menyejahterakan masyarakat dan menyokong pembangunan nasional,” tutur Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum.

Menurutnya, khusus di bidang pertanian, pemkab telah mengembangkan padi organik yang telah diekspor ke Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, Jerman, Uni Eropa, Italia, dan Belanda.

Pada komoditas unggulan holtikultura, buah-buahan yang menjadi potensi adalah manggis dengan produksi 28.170 ton pada 2016 kemarin. Mutu buah manggis Kabupaten Tasikmalaya sangat baik serta memiliki aroma dan rasa yang khas. Selain Puspahiang, daerah sentra penghasil manggis lainnya adalah Salawu, Sodonghilir, Tanjungjaya, Mangunreja, Sukaraja, dan Jatiwaras. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?