Desa Informasi Pesantren

Kabupaten Tasikmalaya Raih Juara Umum 2 Dalam Porsadin Tingkat Provinsi Jawa Barat 2022

initasik.com – Pekan Olahraga, Seni Antar Diniyah (Porsadin) menjadi agenda tahunan dan pestanya para anak didik di Diniyah Takmiliyah Awwaliyah (DTA). Porsadin tingkat Provinsi bertempat di Kabupaten Garut dibuka pada hari Jumat, (29/7/2022). Acara pun ditutup dengan raihan juara umum ke-2 untuk Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu, (30/7/2022).

Berdasarkan time schedule resmi dari Dewan Pengurus Cabang (DPC) Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kabupaten Tasikmalaya, bahwa harinkamis selurih peserta delegasi lomba dilepas oleh FKDT dan Sekretaris Daerah (Sekda). Dari kurang lebih 16 Cabang lomba, Kabupaten Tasikmalaya meraih 5 emas dan 6 perunggu yang menjadikannya sebagai juara umum ke-2 setelah Garut.

Peraih emas asal Kabupaten Tasikmalaya dalam ajang Porsadin tingkat Provinsi Jawa Barat ini adalah sebagai berikut:

1. M. Habil Rizki (Mangunreja) – MQK Safinatunnaja Putra
2. Husna Aqilarifai (Bantarkalong) – Pidato Bhs. Arab Putri
3. Fadhli Nurul Hafidz (Mangunreja) – Tahfidz Juz 30
4. Iwan Seril (Culamega) – Puisi Islami Putra
5. Marwah Rohmatul Aliyah (Tanjungjaya) – Puisi Islami Putri

Diwawancara via whatsapp, Ketua FKDT Kecamatan Mangunreja, Muhamad Jenal Arifin,S.Pd.I, mengaku bangga dengan adanya even Porsadin, khususnya bagi FKDT Kecamatan Mangunreja.

“Alhamdulilah kami dapat berkontribusi dengan mendelegasikan dua kader terbaik untuk menjadi delegasi Kabupaten Tasikmalaya. Kami mengisi mata lomba MQK Safinatunnaja Putra dan Tahfidz Juz 30 Putra. Alhamdulilah keduanya meraih emas,” ungkapnya.

Kami pun, lanjut Jenal, Mempunyai cita-cita mencetak generasi yang berilmu tinggi berakhalq qur’an. Generasi Qurani.

“Semua peserta yang mewakili Kabupaten Tasikmalaya semua adalah warga asli Kabupaten Tasikmalaya. Itu yang membuat kami semakin bangga kepada Diniyah yang ada di Kabupaten Tasikmalaya,” jelasnya.

Tentunya, papar Jenal, hal ini tak lepas dari bimbingan dan arahan FKDT Kabupaten Tasikmalaya senagai kordinator dan bahkan motivator.

“Apresiasi dan terimakaih sebesar-besarnya bagi para pembimbing peserta dan pengurus diniyah, khususnya di Kecamatan Mangunreja. Kepala MDT Nurul Arifin Desa Pasirsalam dan Kepala MDT Al-Hijriyyah Desa Sukaluyu, yangbtelah memberikan pendampingan dan pendidikan kepada anak yang kemarin menjadi juara,” pungkasnya.