Dok. initasik.com
Peristiwa

Kado Bagi Tenaga Sukwan Kabupaten Tasik di Hari Pendidikan

initasik.com, peristiwa | Kabar gembira bagi para tenaga sukarelawan alias sukwan di Kabupaten Tasikmalaya. Dalam waktu dekat ini, Pemkab Tasikmalaya akan mengeluarkan surat pengakuan yang selama ini belum pernah diberikan.

Ada banyak di antara para sukwan yang sudah mengabdi selama puluhan tahun, tapi sehelai surat pengakuan pun tidak ada. “Kami akan memberikan mereka pengakuan. Saat ini masih diproses,” ujar Wakil Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, usai apel Hari Pendidikan Nasional di kompleks setda, Rabu, 2 Mei 2018.

Ade menjelaskan, surat pengakuan itu akan menjadi payung hukum bagi para sukwan yang mendapatkan honor dari dana BOS. Meski dapat honor yang tidak seberapa, rata-rata Rp 250 ribu per bulan, tapi payung hukumnya tidak ada.

“Makanya, minimal harus ada surat pengakuan, seperti halnya surat penugasan. Kalau memberikan SK pengangkatan, kita tidak boleh. Tapi dengan memberikan surat penugasan, berarti kita mengakui kalau mereka itu bagian dari aparatur kita, meskipun bukan ASN. Itu akan kita berikan secepat mungkin,” tutur Ade.

Menurutnya, niat baik memberikan honor kepada para sukwan, harus ditunjang dengan sisi administrasi yang baik pula. Solusinya adalah memberikan mereka surat pengakuan. Saat ini, Pemkab Tasikmalaya sedang melakukan verifikasi.

“Saya tidak mau ada yang ujug-ujug mendapat surat pengakuan itu. Jangan sampai ada yang ujug-ujug jadi sukwan. Saya tidak mau ada sukwan dadakan. Jangan sampai seperti itu.  Insya Allah secepatnya akan kami berikan surat pengakuan itu,” tandas Ade.

Jumlah sukwan di Kabupaten Tasikmalaya angkanya di atas 5.000 orang. Ada banyak di antara mereka yang sudah mengabdi selama puluhan tahun, tapi sehelai surat pengakuan pun tidak ada. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?