Teknologi

Kanopi Surya, Mengubah Sinar Matahari Menjadi Listrik dan Seni

initasik.com, teknologi | Ketika musim panas di Dubai, tempat berteduh menjadi sesuatu yang sangat berharga untuk melindungi diri dari teriknya matahari gurun. Hal tersebut menginspirasi arsitek asal Italia, Carlo Ratti untuk membuat sebuah kanopi logam yang bisa dipakai untuk membuat iklim mikro dengan mengontrol cahaya dan bayangan.

Inovasi kanopi yang menggabungkan teknologi dan seni ini terbuat dari cermin bulat yang masing-masing dilengkapi dengan motor sehingga mereka bisa otomatis bergerak miring dengan sudut berbeda-beda.

Yang menjadikan kanopi ini istimewa adalah mereka bisa membantu menghasilkan tenaga dengan merefleksikan sinar matahari menuju panel surya yang ditempatkan di dekatnya.

“Ini adalah kanopi ajaib yang bisa Anda tempatkan di luar ruangan dan teras,” kata Ratti seperti yang dikutip dari CNN.

Tujuan utama dari penciptaan inovasi ini adalah untuk membatasi hawa panas sehingga membuat udara tempat-tempat umum di Dubai menjadi lebih bersahabat ketika musim panas datang.

Cermin-cermin bulat pada kanopi bisa melacak matahari sepanjang hari layaknya bunga matahari. Cermin juga diprogram untuk membuat pola yang indah atau mengeja kata-kata dalam bayangan kanopi. Ke depannya, pemilik kanopi juga bisa mendesain sendiri pola yang diinginkan. [kl]

Foto: pietro leoni/ carlo rati asociati

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Komentari

Komentari