Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan foto bersama Abah Harun | Kus/initasik.com
Informasi

Kapolda Jabar Dukung Pembangunan Saluran Air Cinila

initasik.com, informasi | Kapolda Jabar, Irjen Pol Anton Charliyan, memberikan dukungan penuh kepada warga yang membuat saluran air Cinila di Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya.

Proses pembangunan yang telah dilakukan sejak beberapa tahun silam itu dikerjakan secara manual, tanpa dukungan apapun dari pemerintah. “Ini jelas sangat menginspirasi semua orang, karena meskipun tidak ada dukungan dari pemerintah namun tetap berjalan. Bahkan saya tahu ternyata ada saluran air lain yang telah selesai dibangun dan mampu mengairi banyak lahan sawah,” ungkap Anton.

Saat ini, sekitar 20 warga di Kampung Cinila hingga saat ini sedang membangun saluran air sepanjang kurang lebih 10 kilometer dan baru tuntas beberapa kilometer. Itu lantaran pembangunannya yang hanya menggunakan peralatan seadanya, sedangkan saluran air yang dibuat berada pada ketinggian serta batu cadas yang keras.

Baca juga: Mereka Membuat Selokan di Tebing Curam; Mirip Ma Eroh, Dulu

Abah Harun, 87 tahun, salah seorang inisiator pembuatan saluran air Cinila, mengatakan, proses pembangunannya memang sangat lamban, karena hanya mengandalkan peralatan sederhana. Namun ia dan warga lainnya percaya jika saluran air itu bakal tuntas dibangun dan dinikmati masyarakat.

“Kalau saya ikut membangun saluran air ini hanya untuk berharap ibadah saja, karena jika telah selesai nanti akan sangat dinikmati oleh para petani yang lahan sawahnya selama ini tidak teraliri air. Seperti dua saluran air sebelumnya juga telah mengairi hektaran sawah milik warga, saya sangat bersyukur karena manfaatnya bisa dirasakan serta saya masih dalam keadaan hidup dan melihatnya langsung,” tutur Harun. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?