Informasi

Karena Anak-Anak Pemilik Masa Depan

initasik.com, informasi | Bupati Tasikmalaya, Ade Sugianto, tampak semringah saat mengumumkan penghargaan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terkait predikat Kabupaten Layak Anak bagi Kabupaten Tasikmalaya.

Pernyataan bupati itu dilontarkannya saat memimpin upacara Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya, di lapang setda, Singaparna, Jumat (26/7). Peserta upacara dan tamu undangan sontak bertepuk tangan.

“Artinya, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya telah mampu melindungi dan mengayomi hak-hak anak dengan berbagai kebijakan yang telah dilakukan. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah merealisasikan kebijakan-kebijakan itu,” ujar Ade.

Ia menegaskan, anak-anak adalah pemilik masa depan. Bagaimana nasib bangsa ini ke depan ada di tangan mereka. Sudah selayaknya mereka dilindungi dan diberikan kasih sayang sepenuhnya.

Sebagai tindak lanjut dari ditetapkannya Kabupaten Tasikmalaya sebagai Kabupaten Layak Anak, pada kesempatan tersebut bupati mencanangkan Kartu Identitas Anak (KIA). Itu sejalan dengan Permendagri 2/2016.

Menurutnya, penerbitan KIA merupakan upaya untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada semua anak. Mereka akan mendapatkan hak keperdataan dalam mengurus hak dan kewajiban sebagai warga negara.

“Mereka juga akan mendapatkan akses layanan publik yang lebih mudah, seperti membuka rekening bank, berobat di Puskesmas atau rumah sakit, dan layanan publik lainnya,” papar bupati. [initasik.com/jay]