Birokrasi

Karena Kesuksesan Anak di Masa Depan tidak Hanya Ditentukan Oleh Nilai Akademik

initasik.com, birokrasi | Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) atau Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) dipandang perlu untuk mengembangkan bakat-bakat nonakademik setiap anak.

“Setiap anak memiliki karakter dan keunggulan masing-masing, baik dalam bidang akademik dan nonakademik. Kesuksesan anak di masa depan tidak hanya ditentukan oleh nilai akademik,” ujar Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, saat membuka O2SN dan FLS2N tingkat kabupaten, di lapang Dadaha, Kota Tasikmalaya, Senin, 3 April 2017.

Ia meyakini, ada anak yang unggul di nilai akademik, ada juga yang berprestasi di bidang olahraga, misalnya. Tak sedikit juga yang bagus di dua-duanya. “Tugas para pendidik adalah menggali dan mengembangkan keunggulan-keunggulan setiap anak,” tandas Uu.

Untuk itu, Pemkab Tasikmalaya mendorong dan mendukung O2SN dan FLS2N digelar setiap tahun. Melalui kegiatan seperti itu, bakat-bakat anak akan berkembang. “Kami berharap di Kabupaten Tasik lahir atlet-atlet dan seniman hebat. Jangan hanya jago kandang. Di Culamega mah pangjagona, tapi di tingkat kabupaten elehan. Itu terjadi kemungkinan mental bertandingnya belum kuat. Harus diasah dengan kegiatan-kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Penanggung jawab kegiatan, Kartiwa, menambahkan, O2SN dan FLS2N diadakan sebagai wahana berkreasi, berinovasi, dan berprestasi secara positif. Juga untuk meningkatkan kesehatan jasmani, rohani, serta daya kreativitas seluruh siswa.

Menurutnya, agenda tahunan itu sangat perlu dilakukan untuk membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi sejak dini. Selain itu, mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, percaya diri, tangung jawab, dan membangun solidaritas.

Dalam O2SN, selain atletik, cabang yang dilombakan adalah catur, bulutangkis, renang, senam, tenis meja, voli, karate, pencak silat, sepak bola, dan takraw. Sedangkan FLS2N di antaranya tari kreatif, pantomim, pupuh, ngadongeng, rampak sekar dan lain-lain. [Jay/adv]

Foto: Seda | wartatasik

Komentari

komentar