Mujadi | Dok. initasik.com
Informasi

Kartu Identitas Anak di Kota Tasik Mulai Diterbitkan 2019

initasik.com, informasi | Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya berencana mulai menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahun depan. Saat ini masih terkendala anggaran, peralatan, dan personel.

Sekretaris Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Mujadi, mengatakan, diperlukan biaya besar untuk menjalankan program tersebut. “Seperti pengadaan blangkonya, ribbon color, itu mahal. Misalkan kita targetkan penerbitan KIA 30 ribu dalam setahun, setidaknya akan membutuhkan anggaran sampai Rp 500 juta,” sebutnya, Rabu, 11 Juli 2018.

Apalagi, penerbitan KIA ini diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah. Anggarannya mengandalkan APBD. Berbeda dengan pencetakan KTP elektronik. Pengadaan blangko dan ribbon color sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Pusat.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan pencetakan KIA secara bertahap. Tahun pertama ditargetkan 30 ribu. Angka itu masih jauh dengan jumlah bayi di Kota Tasikmalaya yang mencapai 230 ribu anak.

“Makanya akan dilakukan secara bertahap. Kita fokus pada bayi dan anak balita. Kalau anak yang sudah berumur belasan tahun, itu titik fokusnya di pembuatan KTP elektronik,” tuturnya.

Mujadi menjelaskan, jika program KIA ini sudah berjalan stabil, kartu tersebut akan dijadikan sebuah syarat mutlak bagi anak yang akan memasuki sekolah dasar. “Nanti kami akan bekerja sama denga Dinas Pendidikan terkait hal itu. Setiap anak yang akan masuk SD wajib melampirkan fotokopi KIA,” tandasnya. [Eri]