Birokrasi

Kekurangan Blangko dan Masalah Jaringan Masih Jadi Kendala Pencetakan KTP Elektronik

initasik.com, birokrasi | Banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang lamanya proses pembuatan KTP elektronik. Meskipun telah melakukan perekaman, kartunya tidak langsung bisa didapat.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tasikmalaya, Mujadi, mengatakan, hal tersebut terjadi lantaran beberapa hal. Misalnya, ketersediaan blangko. “Perlu diketahui oleh masyarakat, sampai saat ini pengadaan blangko itu kewenangan Kemendagri. Kalau blangko di Kemendagri kosong, di dinas daerahpun tidak bisa melakukan pencetakan e-KTP,” tuturnya, Rabu, 17 Januari 2018.

Persoalan kedua adalah masalah jaringan. Menurutnya, Disdukcapil dan kecamatan hanya bertugas untuk merekam saja. “Lalu data yang berhasil direkam, kami kirimkan via online ke data center pusat,” terangnya.

Setelah pengiriman selesai, ada proses penunggalan NIK yang membutuhkan waktu cukup lama. Ia berharap, masyarakat bisa memaklumi. “Dari banyaknya hambatan dalam proses tersebut, kami mohon masyarakat memaklumi dan memahaminya,” pungkasnya. [Dan]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?