Syaepul | initasik.com
Peristiwa

Kelakar Deddy Mizwar Soal Republik Jabar

initasik.com, peristiwa | Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar, berkelakar tentang republik Jawa Barat. Saat memberi sambutan dalam penyerahan hadiah Wahana Tata Nugraha 2016, di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya, Kamis, 23 November 2017, ia menyebutkan, penduduk Jawa Barat merupakan yang terbanyak di Indonesia.

“(Jumlah penduduknya) Ada 47 juta jiwa. Dua kali jumlah penduduk Benua Australia. Bagusnya sudah jadi negara. Republik West Java. Penduduk di Kabupaten Bogor ada 5,7 juta orang.  Sementara Provinsi Papua penduduknya 5 juta jiwa,” papar Deddy.

Dalam kesempatan tersebut ia menegaskan, penataan masalah transportasi menjadi sangat penting, karena Jawa Barat merupakan provinsi penopang Ibu Kota Negara. Berbagai industri strategis dan objek vital nasional berada di Jawa Barat.

Untuk itu, selain masalah angkutan darat yang sedang terus didorong, perlu juga memiliki sarana transportasi udara yang memadai. Bandara Kertajati, Majalengka, diharapkan bisa mulai digunakan pada 2018.

“Industri manufaktur di Jawa Barat 60 persennya merupakan investasi nasional, tapi kantor pusatnya di Jakarta. Jadi, urusan buruh, urusan limbah, kita yang urus. Duitnya yang dapat Jakarta. Di kita tidak ada pelabuhan. Mudah-mudahan 2019 nanti Pelabuhan Patimban (Subang) selesai dan bisa beroperasi,” tuturnya.

Dengan adanya pelabuhan tersebut, para pengusaha di Jawa Barat, terutama Priangan Timur, tidak perlu lagi ke Tanjung Priuk untuk melakukan ekspor. Apalagi nanti akan dihubungkan jalan tol yang akan mulai digarap tahun depan, sehingga muncul wilayah-wilayah pertumbuhan ekonomi baru.

“Kita harapkan daerah-daerah di Priangan Timur terus menata transportasi angkutan darat. Dengan adanya hadiah ini diharapkan semakin termotivasi untuk menyelenggarakan sistem transportasi perkotaan, termasuk pengawasan kelayakan kendaraan,” harap Deddy. [Syaepul]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?