|| Dok. Panitia HUT ke-50 SMAN 2 Tasikmalaya
Edukasi

Keluarga Alumni SMAN 2 Tasikmalaya Sebar 50.000 Pohon

initasik.com, edukasi | Ikatan Keluarga Alumnni (IKA) SMAN 2 Tasikmalaya menyebar 50.000 pohon di Kota dan Kabupaten Tasikmalaya. Penanaman perdana dilakukan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman, di kompleks SMAN 2 Tasikmalaya, Sabtu, 20 Mei 2017.

Deni Nugraha, koordinator penanaman, mengatakan, untuk pendistribusian pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kehutanan dan LSM yang bergerak di bidang lingkungan. Puluhan ribu pohon itu terdiri atas berbagai jenis.

Pohon-pohon keras akan ditanam di daerah pinggiran dan Kabupaten Tasikmalaya. “Di daerah Kota Tasikmalaya kita akan menanam pohon-pohon yang produktif, seperti buah-buahan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, 50.000 pohon itu didapat dari hasil kerja sama dengan Perhutani, Kodim, dan elemen lainnya. “Untuk buah-buahan kita beli sendiri. Tiap angkatan menyumbang beberapa pohon. Kita yang menyediakan. Untuk penanaman dan pemeliharaanya kita berkoordinasi dengan LSM-LSM,” tutur Deni.

Diharapkan, penyerahan puluhan ribu pohon itu menjadi bibit kebaikan yang akan memberi manfaat kepada semua orang. Terlebih saat ini banyak bukit dan lahan-lahan pertanian yang dialihfungsikan menjadi perumahan. Sumber-sumber air hilang.

“Kondisi lingkungan kita saat ini sangat mengkhawatirkan. Kalau sekarang kita tidak memberikan penyelesaian terkait masalah itu, nanti akan lebih parah. Di Tasikmalaya sendrii banyak pembangunan. Bukit-bukit habis. Makanya kita bergerak. Ini bagian dari ikhtiar nyaah ka lembur,” bebernya.

Aam Rahmat Selamet, ketua Panitia HUT ke-50 SMAN 2 Tasikmalaya, memaparkan, selain penyebaran bibit pohon, ada banyak rangkaian acara lainnya, seperti kurban 50 ekor sapi, pembangunan masjid, bakti sosial, dan pengobatan gratis. [Syaepul]