Informasi

Kemenhub Baru Siap Tambah 200 Meter Landasan Pacu Bandara Wiriadinata

initasik.com, informasi | Saat berkunjung ke Kota Tasikmalaya, Presiden Joko Widodo berjanji akan memperpanjang landasan pacu Bandara Wiriadinata. Panjangnya ditambah 400 meter lagi. Namun, Kementerian Perhubungan baru bisa menambah 200 meter.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya, Aay Z Dahlan, mengatakan, setelah dilakukan peninjauan, terdapat kendala serta kebutuhan prioritas lainnya yang juga membutuhkan pengerjaan lebih cepat.

Menurutnya, pekan kemarin tim survei dari Kemenhub telah melakukan peninjauan dan pengecekan kondisi landasan pacu bandara komersial yang belum lama diresmikan itu. Namun, mengingat berbagai kondisi yang ada, mulai cuaca, kesulitan dengan adanya sungai, serta melihat kebutuhan lain yang juga harus menjadi skala prioritas, maka waktu 5 bulan pada tahun 2017 ini akan dimanfaatkan untuk membangun runway tambahan sepanjang 200 meter lebih dulu.

“Bukan tidak mengindahkan instruksi Bapak Presiden, namun kondisi di lapangan juga harus menjadi pertimbangan. Karena jika harus membangun 400 meter runway saat ini tidak  memungkinkan, khawatir waktunya tidak mencukupi,” ujarnya, Ahad, 6 Agustus 2017.

Ia menambahkan, rencana penambahan 200 meter itupun belum diputuskan. “Hanya memang ada prioritas lain, seperti penambahan leveling runway yang ada saat ini dengan kondisinya yang cembung, harus juga mendapatkan skala prioritas pembangunan,” tuturnya.

Selain itu, perlu dilakukan pembenahan terminal dan pendukung lainnya. Pasalnya, untuk ruang tunggu penumpang saat ini terbilang penuh, padahal baru satu rute penerbangan. Namun, melihat animo masyarakat saat ini yang menggunakan pesawat untuk bepergian ke tujuan Jakarta saja, diyakini bandara tersebutbakal berkembang pesat. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?