Jay | initasik.com
Sorot

Kenaikan Tarif Parkir di Tepi Jalan Membayangi


initasik.com, sorot | Kalau saja Plt Wali Kota Tasikmalaya, Abas Basari, menandatangi peraturan wali kota tentang kenaikan tarif parkir di tepi jalan, bayar parkir motor pasti bisa dua kali lipat dari sekarang, mungkin lebih.

Kepala UPTD Pengelolaan Parkir Kota Tasikmalaya, Hamzah Diningrat, mengatakan, pihaknya sudah mengajukan penaikan tarif parkir pada Desember 2016. Drafnya sudah ada. Bahkan telah ditandatangani bagian umum dan setda. Tinggal diteken Plt wali kota. Namun, Abas enggan menandatangani itu.

Ia berdalih, penaikan itu perlu dilakukan untuk menambal bolong-bolong pendapatan dari retribusi yang kini diambil alih pemerintah provinsi. “Secara teknis, 2016 kesempatan bagi kami untuk mengubah regulasi yang ada. Makanya Desember 2016 kemarin kita mengajukan penyesuaian tarif parkir. Tapi mungkin momentumnya tidak tepat. Ada pilkada,” ujar Hamzah, Senin, 29 Mei 2017.

Diharapkan, kenaikan itu bisa diterapkan tahun ini. Namun, ia pesimistis. Soalnya, beberapa waktu lalu RSUD dr. Soekardjo telah menaikkan tarif pelayanan  kesehatan bagi pasien kelas mampu.

“Sepertinya berat untuk dinaikkan tahun sekarang. Kita endapkan dulu. Mudah-mudahan tahun depan bisa disetujui. Penaikan itu untuk menutupi retribusi yang ditarik ke provinsi. Minimal menutupi,” tandasnya. Hamzah enggan menyebutkan rencana kenaikan tarif parkir itu.

Baca: Miliaran Rupiah Uang Parkir Menguap Tanpa Jejak

Anggota Komisi 2 DPRD Kota Tasikmalaya, Tjahja Wandawa, tidak setuju dengan rencana kenaikan tersebut. “Jangan dulu dinaikkan. Benahi dulu sistemnya. Manajemennya perbaiki. Kalau tarif parkir dinaikkan tanpa perbaikan manajemen, yang diuntungkan bukan pemerintah, tapi oknum-oknum itu,” tuturnya.

Menurutnya, pemasukan PAD dari parkir seharusnya lebih besar dari sekarang. Jumlahnya mesti dua kali lipat lebih besar. Tapi, banyak oknum yang membocorkan itu. “Miliaran rupiah menguap tidak jelas. Sistem parkir yang digunakan sekarang memang sangat memungkinkan terjadinya berbagai penyelewengan,” sebutnya. [Jay]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?