Birokrasi

Kepala Desa Terpilih Harus Peka terhadap Kebutuhan Masyarakat

initasik.com, birokrasi | Kepala desa terpilih harus menjadi figur pemimpin yang mengayomi dan peka terhadap segala kebutuhan masyarakat, sehingga tercipta tatanan kehidupan yang adil, makmur, dan sejahtera.

Demikian dikatakan Bupati Tasikmalaya, Uu Ruzhanul Ulum, saat meninjau pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Desa Karyawangi, Kecamatan Salopa, Senin, 27 November 2017. Menurutnya, pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi. “Masyarakat mempunyai peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa sesuai kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, pilkades serentak yang dilangsungkan di 67 desa dari 35 kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Tasikmalaya dapat berjalan  lancar dan sukses. Menurutnya, pilkades adalah proses penting dari suksesi jabatan kepala desa yang harus berjalan  sukses dengan tidak adanya ekses.

“Keberhasilan pilkades ditandai dengan kedewasaan berpolitik masyarakat. Peran aktif masyarakat akan menghasilkan pemimpin di tingkat desa yang demokratis,” tandasnya. [Rls]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?