Informasi

Kerusakan Jalan di Kabupaten Tasik Hampir Sama dengan Jarak Solo – Jakarta

initasik.com, informasi | Ratusan kilometer jalan di Kabupaten Tasikmalaya mengalami kerusakan. Dari total 1.033 kilometer panjang jalan yang tercatat, sepanjang 550 kilometer kondisinya rusak. Itu hampir sama dengan jarak Solo – Jakarta.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tasikmalaya, Bambang Sobirin, mengatakan, selama ini pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memperbaiki setiap jalan yang rusak.

“Tetapi karena kekuatan jalan itu sulit diprediksi, jadi kesannya tidak diperbaiki. Sebagai contoh, jalan Cisinga, tahun 2016 diperbaiki. Sekarang coba lihat, sudah mulai rusak lagi,” ujarnya, Kamis, 26 Juli 2018.

Belum lagi soal panjangnya jalan rusak yang kurang didukung dengan anggaran memadai.  Saat ini pihaknya hanya menerima anggaran sebesar Rp 365 miliar. Itupun bukan hanya untuk perbaikan jalan, tapi dibagi untuk beberapa bidang, seperti irigasi, bangunan, serta tata ruang.

“Kalau misalnya per kilometer menghabiskan Rp 1,5 miliar, kalikan dengan panjang jalan yang rusak di kabupaten Tasik. Itu tidak akan cukup. Makanya tidak kami perbaiki secara sekaligus, tetapi bertahap. Kalau ingin sekaligus diperbaiki, kurang lebih membutuhkan anggaran sampai Rp 1 triliun. Mungkin kita bisa perbaiki semuanya secara sekaligus,” beber Bambang.

Ditanya soal target perbaikan jalan di semester ini, ia menyebutkan, sementara fokus pada jalan di sekitar perbatasan dan jalan rusak di beberapa kawasan yang sama sekali belum pernah tersentuh perbaikan.

“Seperti Warung Peuteuy-Taraju, Papayan-Cikalong, Darawati-Culamega-Bojonggambir, Galumpit-Cikeusal, serta jalan Cisinga. Tapi itu hanya proyek besarnya. Ada proyek kecil yang akan kita garap juga,” ujarnya. [Eri]