Ist
Olahraga

Ketahanan Fisik dan Kekuatan Mental Kunci Raih Kejuaraan Ekstrim

initasik.com, olahraga | Untuk meraih juara dalam sebuah balapan xtrim enduro race, diperlukan persiapan amat matang, pengalaman, dan mental juara. Selain itu, kecepatan, kekuatan, dan daya tahan menjadi fokus latihan agar yang diinginkan bisa tercapai.

Begitu kata Tarmuji, atlet balap yang mengikuti kejuaraan nasional xtrim enduro race 1 dan 2 di Banten, belum lama ini.

“Alhamdulillah, di kelas 40 tahun ke atas, saya selalu mendominasi menjadi juara. Kemarin juara dua enduro race tingkat nasional di Banten. Tahun sebelumnya meraih juara pertama. Kemudian di built up hobi dan di TNI-Polri jelas itu suka meraih juara,” sebut Tarmuji saat ditemui di sekretariat Bagong Torex’s, Kp. Arjasari, Desa Leuwisari, Kecamatan Leuwisari, Kabupaten Tasikmalaya.

Menurutnya, enduro race merupakan balapan uji ketahanan, baik untuk pengemudi maupun motor itu sendiri. Pasalnya, balapan dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan dengan lintasan alam, bahkan melewati daerah terpencil yang banyak rintangan.

Tidak sedikit, ranting pohon yang menghalangi jalan, batang pohon tumbang, jalanan berbatu, melewati sungai, naik turun bukit, jalanan berupa kerikil, pasir, bahkan lumpur sekalipun.

“Fisik sudah jelas, mental harus kuat. Terus teknik harus selalu terjaga, terbina, terdidik. Intinya harus rajin-rajin berlatih. Kita akan bisa kalau sudah biasa, karena ini adalah balapan yang ekstrim. Olahraga ketahanan. Kita harus membiasakan diri untuk menghadapi rintangan dan berani mengambil risiko,” ungkap suami Ida Parida Ningsih itu.

Latihan, kata dia, selain melatih ketahanan fisik juga kekuatan mental agar selalu terjaga. Soalnya, latihan sangat mempengaruhi terhadap kepribadian ketika mengikuti balapan yang sebenarnya.

Tidak kaget ketika menemukan rintangan dan merasa senang karena sudah biasa. “Tanpa latihan, kita akan kaku. Karena kita rutin ngegas dengan suasana yang ekstrim, kalau dihadapkan dengan suasana dan kondisi yang rutin kita temukan, sehingga sudah tidak kaget lagi. Malahan suatu hal yang menantang. Saya merasa senang saja,” ungkapnya.

Untuk membangun, mengembalikan, atau memelihara kondisi fisik dan meningkatkan daya tahan. Misalnya dengan trail adventure dan olahraga sehari-hari. Selain itu, paling utama memiliki ras suka dan senang ketika melakukannya, supaya tidak merasa terbebani.

“Harus rajin-rajin latihan. Rutin dengan acara ngegas naik gunung, paling sebentar dua hari dua malam, bisa sampai satu minggu untuk menaiki pegunungan. Sampil hiburan juga sama teman-teman,” tandas bapak tiga anak ini.

Memiliki rasa percaya diri dan keberanian, salah satu caranya dengan mengerjakan atau melakukan sesuatu yang tidak orang lain lakukan dan sukai. Intinya berani mencoba, mampu atau tidak bukan menjadi persoalan.

“Kita mesti berlatih mengendarai motor dengan medan yang jelek, jalan-jalan yang licin. Mental itu sangat penting. Perlu terus-terusan dilatih dan ditumbuhkan agar memiliki mental juara,” tandasnya. [Syaepul]