Birokrasi

KIA Penting bagi Anak

initasik.com, birokrasi | Kartu Identitas Anak (KIA) tidak bisa dianggap sepele. Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, Uu Saeful Uyun, menegaskan, anak penting memiliki KIA.

Menurutnya, KIA akan digunakan sebagai nomor identitas tunggal. Ketika mau masuk sekolah, nanti tidak akan memakai nomor induk siswa, tetapi cukup dengan NIK dalam KIA.  “KIA bisa dibuat ketika sudah mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga,” ujarnya dalam satu kesempatan.

Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya menargetkan tahun ini mencetak KIA sebanyak 40.000 keping. Itu terklasifikasi pada usia 0 s.d. 5 tahun dan 5 tahun hingga 17 tahun kurang satu hari. Adapun persyaratan pelayanan KIA adalah fotokopi KK dengan membawa yang aslinya, fotokopi kutipan Akte Kelahiran anak dengan memperlihatkan aslinya, KTP-el orangtua dan foto anak berwarna dua lembar ukuran 2×3 centimeter.

Selain untuk keperluan sekolah, banyak manfaat KIA yang bisa diperoleh, misalnya ketika anak mengalami kecelakaan, akan mudah untuk ditelusuri asalnya, karena bisa dicek melalui KIA. “Tentu kita kita tidak mengharapkan hal buruk menimpa anak-anak kita semua,” tandasnya. (Han/initasik.com)