Informasi

Kokohnya Tembok Madrasah Al-Mahdiyin Cipatujah Usai Diguncang Gempa

initasik.com, informasi | Madrasah Al-Mahdiyin, di Kampung Citoe, Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, masih berdiri kokoh meski sempat diguncang gempa 7,3 SR pada Jumat, 15 Desember 2017 kemarin.

Bangunan dua lantai itu tampak masih bagus, meski beberapa genting dan plafon berjatuhan. Sementara tembok luarnya tetap mulus. Tidak retak-retak, kendati guncangan gempa sangat terasa kuat.

Nursalam, pembina Madrasah Al-Mahdiyin, menyebutkan, gempa itu mengingatkannya pada kejadian serupa pada 2006 silam. Ia bersyukur, gempa kali ini tidak menimbulkan tsunami, dan bangunan madrasahnya tidak rusak parah.

“Waktu gempat tahun 2006 itu kalau tidak salah kami mengeluarkan uang Rp 5 juta untuk perbaikan gedung. Untuk saat ini, kerugian belum bisa ditaksir. Tentu itu harus dipebaiki juga walaupun menggunakan swadana. Sama seperti dahulu,” tuturnya.

Selain Madrasah Al-Mahdiyin, seperti dituturkan Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat, ada banyak rumah dan perkantoran yang rusak akibat gempa. Semua tersebar di sekitar 12 kecamatan.

Kerusakan juga terjadi di beberapa titik di Kota Tasikmalaya, seperti di SMKN 3 Tasikmalaya, Kelurahan Mulyasari, Kelurahan Sumelap, RSUD dr. Soekardjo, Kelurahan Ciakar, Kelurahan Ciherang, Perum Tamansari Permai, MA Al Hikmah Jatiwangi Kelurahan Sumelap dan lain-lain. [Dan/Milah]