Sosok

Koleksi Beragam Jenis Batu, Hobi Eksentrik Uson Suhendar

initasik.com, sosok | Hobi orang beda-beda. Ada yang suka otomotif, musik, naik gunung, atau koleksi beragam barang. Uson Suhendar masuk pada jenis terakhir itu. Warga Pasirdatar, Kelurahan Gununggede, Kawalu, Kota Tasikmalaya, itu suka mengoleksi macam-macam jenis batu.

Di rumahnya banyak beragam jenis batu, mulai dari batu sungai (suaseki), batuan beku, sedimen, metamorf hingga fosil-fosil tumbuhan dan hewan. Barang-barang koleksinya itu dibersihkan sebulan sekali.

Selain mengoleksi jenis bebatuan, ia juga punya senjata-senjata tradisonal, mulai dari perkakas sejenis pancul hingga senjata tajam yang menjadi ciri khas setiap daerah. Untuk ciri khas bebatuan Tasikmalaya, ia punya jenis gasper yang berada di daerah Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya.

Ia mengaku, setiap kali pergi ke alam bebas saat mendapat barang-barang yang dinilainya bagus, selalu diambil dan dikumpulkan. Itu dilakukannya sejak 1990. “Awalnya saya suka suaseki, batu-batu sungai,” ujar Uson.

Menurutnya, apapun barang itu, kalau dirawat dan dibersihkan akan mampu menjadi sesuatu yang berharga. “Dari mengumpulkan barang-barang seperti batu ini saya jadi banyak saudara. Banyak teman. Paling jauh, ada bebatuan Sulawesi, Kalimantan, Papua dan hampir dari seluruh Indonesia ada,” sebutnya.

Dengan mengoleksi banyak bebatuan, aku Uson, dirinya mendapatkan kepuasan batin. “Saya bahagia dengan cara seperti ini. Keluarga sangat mendukung, anak saya juga sudah mulai senang,” ucapnya. [Syaepul]