Sosial Politik

Komisi 4 DPRD Kabupaten Tasik Dorong Seluruh Puskesmas Menjadi BLUD


initasik.com, politik | Pembentukan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang harus diterapkan bagi 40 Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya sudah merupakan kebutuhan yang sangat mendesak.

Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Ami Fahmi, menyebutkan, dengan menjadi BLUD maka kebutuhan tempat perawatan, tenaga medis, dan fasilitas lainnya yang dibutuhkan bisa ditentukan sendiri oleh Puskesmas yang dikelola secara profesional, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan semakin baik.

“Terutama SDM dan perlengkapan medis yang sangat krusial, karena itu bakal menunjang seluruh kebutuhan pasien. Kalau tenaga ahlinya tidak ada, kemudian fasilitasnya juga tidak memadai, maka sulit untuk bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Ujung-ujungnya dirujuk ke rumah sakit yang kondisinya saat ini penuh sesak,” papar Ami.

Namun ketika telah menjadi BLUD ada aspek lain yang bisa dilakukan oleh manajemen pengelola Puskesmas, yakni menggandeng pihak ketiga. Kebijakan penuh diberikan dengan batasan-batasan tertentu, tetapi berujung terhadap kemajuan bagi Puskesmas. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?