Desa

Komisi 4 DPRD Kabupaten Tasik Usulkan Bangun Desa Wisata

initasik.com, desa | Bertambahnya kewenangan pemerintahan desa saat ini diharapkan menjadi momentum bangkitnya perekonomian di setiap desa, terutama dalam pengembangan dan pengelolaan objek wisata. Diharapkan, pemerintah desa bisa bergerak secara mandiri hingga mendapatkan penghasilan dari potensi tersebut.

Ketua Komisi 4 DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Ami Fahmi, mengatakan, setelah melakukan studi banding ke Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, ada ilmu yang bisa diserap.

Di sana sedikitnya 16 desa dari 26 desa yang ada telah menjadi desa wisata dengan masing-masing telah memiliki PADes mencapai ratusan juta rupiah setiap tahunnya, bahkan ada yang mencapai angka Rp1 miliar pertahun.

“Kabupaten Tasikmalaya juga memiliki karakter yang sama. Memiliki pegunungan dengan segala keindahan serta banyak dikunjungi. Ada juga sungai sebagai tempat wisata arus deras, air terjun, serta objek-objek wisata lainnya hingga kawasan pantai. Namun selama ini sektor wisata ini belum bisa berkembang maksimal,” papar Ami.

Dalam kunjungannya itu, Ami melihat beberapa desa yang ada, mulai dari wisata air terjun di beberapa daerah yang saat ini pengelolaannya dilakukan masyarakat, kawasan pantai, dan lain sebagainya. Pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan tidak perlu merasa bakal tersaingi, karena PADes ini tetap bergulir dan akan menjadi pendapatan bagi pengembangan daerah tersebut.

“Selain pemerintah daerah yang bergerak di sana, investor juga masuk. Pemerintahnya menjamin keberadaan investor agar bisa menjalankan usahanya dengan aman dan nyaman, sehingga kemajuannya sangat pesat, pendapatannya besar, serta memang patut untuk diterapkan di sini,” papar Ami. [Kus]

Komentari

komentar

zvr
Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?